Prediksi bangsa Maya mengenai hari akhir 2112012

mayanBangsa Maya mempredikisi mengenai tanggal 2112012 sebagai hari akhir atau kiamat, seberapa akurat kah perhitungan mereka? Bangsa Indian Maya adalah suku asli dari peradaban kuno di wilayah Belize dan Nicarugua di suatu tempat di Semenanjung Yucatan, Meksiko Selatan. Mereka adalah peradaban yang yang sangat mengagumkan dan setia kepada astrologi. Mereka telah mampu membangun piramida dan dari beberapa piramidanya dikenal juga sebagai media mereka dalam sistem perhitungan atau kalender bangsa Maya. Contohnya ada beberapa piramid yang mereka miliki dan mempunyai anak tangga sebanyak 365 buah(jumlah hari dalam setahun). Piramida adalah suatu tempat yang dibangun pada posisi secara perhitungan yang tepat, sehingga suku Maya dapat mengetahui secara pasti kapan datangnya Equinox musim dingin dan kapan akan berakhir, dikenal sebagai “Spring Equinox” melalui bayang-bayang piramida. Karena itu menandai hari terpendek dalam masa setahun. Equinox(jumlah lama waktu siang dan malam tepat masing2 12 jam). Tahun Maya memiliki sistem yang unik dan kadang lebih akurat. Kalender keagamaan mereka terdiri dari 260 hari(20 bulan, 13 hari per bulan) , yang kedua 18bulan hingga ada 20hari dalam per bulannya dengan 5 hari di akhir yang dipisahkan. Kalender yang tepat didasarkan pada pengamatan yang cermat dari planet-planet, matahari, dan bulan. Sebagai contoh, ahli-ahli astronomi suku Maya menghitung bahwa satu tahun berisi 365.2420 hari. Para ilmuwan sekarang tahu bahwa tahun ini adalah 0002 pada versi Maya, hari ini sudah terlalu pendek! Mereka juga mampu meramalkan ketika bulan akan naik, menetapkan dan kapan terjadi bulan purnama. Para ahli telah mempelajari bagaimana suku Maya menetapkan perhitungan bulan melalui perhitungan modern. Ketika mereka mempelajari catatan Suku Maya mengenai ketika bulan terbit besok dan purnama akan terjadi, para ilmuwan sekarang memperkirakan bahwa perhitungan Maya adalah 33 detik dari waktu yang sebenarnya!Suku Maya menyembah sejumlah dewa. Misalnya, mereka percaya bahwa setiap hari sebagai dewa yang hidup dan berperilaku sehingga dapat diprediksi dengan bantuan sistem yang rumit dari kalender. Terdapat 260 hari agama pada kalender mereka yang terdiri dari dua puluh bulan berisi 13-hari per bulannya. Kedua 365  hari kalender terdiri dari delapan belas bulan terdpat 20-hari per bulannya, dengan jangka waktu yang terpisah 5 hari di akhir. Kedua kalender dikaitkan bersama-sama seperti gigi yang dihubungkan sehingga setiap hari bisa diidentifikasi dalam kedua siklus. Bangsa Maya menggunakan kalender mereka untuk membantu menentukan waktu yang paling cocok untuk menanam tanaman, serangan musuh, atau pemilihan calon raja baru.

108 comments

  1. walaupun sudah diramalkan oleh Bangsa Maya ttg datangnya hari akhir
    tetapi menurut Islam, kapan tepatnya kedatangan hari kiamat itu adalah rahasia Allah SWT
    tetapi tetap dijelaskan beberapa tanda yang menunjukkan kiamat sudah dekat
    seneng yaa membaca ttg sejarah
    thx Mas Krishna🙂

    1. tul…., kayaknya yang kiamat tu bangsa maya, soalnya arus modernisasi bakal menggantikan sistem kalender mereka….😀😀🙂

  2. mudah2an dengan semakin terkuaknya sejarah serta ilmu dan ramalan/teka teki yg ditinggalkan oleh bangsa maya , akan menjadi tambahan ilmu yang berharga bagi umat manusia. sehingga umat manusia dapat menyadari dan menjadi tahu bagaimana cara hidup yg bijak di muka bumi ini, bagaimana cara memeperlakukan dan memelihara isi bumi ini dgn sebaik baiknya. hidup ini bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan materi dengan menguras semua sumber daya alam yg ada tanpa terkendali yg akhirnya dpt menjadi pemicu bencana bg manusia itu sendiri akan tetapi lebih merupakan usaha yang terkendali, profesional, bijak dan santun dalam mengelola isi bumi ini, sehingga kebutuhan materi dan spiritual dapat terpenuhi dng harmonis dan terukur dan berjalan dng seimbang.

  3. Semua kepunyaan GUSTI ALLAH….mau kiamat sekarang,besok,seminggu lagi apa sebulan lagi itu rahasia GUSTI ALLAH..kita hanya sebagai manusia..dan suku maya juga manusia..mereka juga makhluk hidup…..selama tingkah laku kita baik,selaras dengan alam, menghilangkan rasa jumawa diri yang tak berbatas pasti akan tenang dan bahagia…

    satu hal kuasaning GUSTI ALLAH tidak ada satu manusiapun yang mampu menguaknya….

  4. Menurut saya ,
    Kimat hanyalah tuhan yang tahu ,

    Saya hanya menyarankan agar jangan terlalu percaya dangan ramalan ataupu prediksi dengan begitu saja,

  5. biar bagaimanapun itu semua rahasia Tuhan..
    klo rahasia Tuhan saja sudah bisa diketahui qt sebagai manusia bwt apa qt percaya sama Tuhan klo ada manusia yang bisa mengetahui rahasia Tuhan…
    klo kaya begitu qt percaya aj sama manusia…

    tetap saja menurut saya manusia boleh saja memperkirakan atw menebak2 tapi hanya Tuhan yang tahu kapan itu akan terjadi….

    tp thx bgt infonya itu membuat kita sebagai manusia untuk berjaga2…

  6. kita tidak tahu apa yang akan trjdi pda thn 2012..
    alllahukbarrrrrrrrr………..maafkan dosa saya…
    amieennnnnnnnnnnnnnnnnnn…..

  7. Predikisi-prediksi sprti ini jgn spatutnya langsung kita terima juga sebaliknya ..
    yg penting adalah proses dr prediksi tersebut dr mana mereka menilai ..
    nah dr situ bsa ditarik kesimpulan

  8. Yang sebenarnya dimaksud bangsa maya tentang kiamat adalah bahwa bumi sudah tua, banyak alam yg tidak seimbang dg kehidupan manusia, banjir dimana-mana, bencana semakin banyak karena perbuatan manusia itu sendiri. bukannya KIAMAT yang meluluh lantakkan Alam Semesta karena benturan planet satu dg planet lainnya, itu salah.. tidak ada yg tau kapan Terjadinya Kiamat yg meluluh lantakkan jagad raya… Kecuali Alam semsta / Tuhan.

    (Netral Religion)

  9. masya allah bangsa maya itu.mereka seolah2 tuhan yang gampang menetukan hari kiamat.aku tetap percaya sama takdir tuhan.itu tercantum dalam NDP HMI.

  10. lg pula kn tu cm ramalan..
    q prnah liat-liat d tv,, kta’y klow qta prcaya ma ramalan,, sholat qta gk akan d-terima slama 48 hari..

  11. menurut saya jgn dulu prcy krn menurut ajaran islam yg tahu pasti hari kiamat itu hanya allah swt yg maha mengetahui segalanya

  12. jadikan itu sebagai motifasi untuk nenjadikan iman kita lebih kuat dati sebelumnya dan kita harus mempersiapkan iman kita dari sekarang meskipun hari kiamat itu entah kapan datangnya.

  13. ih gitu aja bingung, tul itu percaya dan bertaqwa Tuhan yang maha pengasih. beramal baik yang bermanfaat buat semua. g da yang tau kapan kiamat akan datang yang bisa tau cuma ki- amat akan datang dari kampung lusa. hee

  14. walaupun sdaah dramalkan oleh bangsa maya hdup mati kita tetap ada ditangan tuhan,,
    kita sbagai manusia p’cyaa dan nggak p’cyaa apa yngg tlahh dramalkn oleh bangsa maya ,,,
    smgaa sjaa blom trjdii pdaa 21122012 smgaa dagh ~🙂

  15. kita cuma manusia..biasa..jangan kan meramalkan kapan kiamat..meramalkan usia seseorang saja kita tidak bisa..nabi saja tidak perenah memberitahu bahwa kiamat terjadi di tahun berapa…????

  16. wwwHHHaaaHHH Bangsa MAya HEbattt yacccHHH…..!!! BIsa TAu PrGantian musim hANya dg Tangga Piramit ,,, tp Q tdk s7 dg prDiksi 2012 aKAN “KIAMAT” Para NABI ja g’tau kpan dtangnya KIAMAT,, pA lagi mANusIA…!!! YuuuAA UgAK?????

  17. semoga umat manusia yang ada dimuka bumi ini biar insaf dan sadar melihat dan mendengar apa yg telah diramal kan oleh suku maya tersebut,dan kita sebagai umat islam harus yakin bahwa kiamat itu pasti akan datang,hanya saj waktunya saja kita yang tidak tahu kapan akan terjadi,ALLAHUAKBAR…..
    dan ALLAHUALAM, semuanya itu hanya milik ALLAH

  18. Ya klo aku gk tau pasti,
    Tpi ini jga kudu di waspadain ajj
    Kiamat itu yg thu hny ALLAH SWT.
    Hari/tgl/bulan/tahun itu Allah yg ngrencnain.
    Kita jga hrus siap, krena setiap makhluk yg di ciptakannya selalu kmbali pda nya jga..

  19. wah wah wah boleh sich hnya sekedar tau,tp hrzzz lbih percaya ma ALLAH SWT hehehehehe,khan kiamat tuh g da org yang taw low da ya g seru dunk jadinya

  20. Gni mas mbak smuanya….
    Nek jatah kiamat ki yo kiamat, rausah percoyo karo koyo ngono kuwi, mbokyo bangsa maya iso prediksi kiamat, ning kiamat ki rahasia Ilahi. <–<Jawa
    Klo sudah waktunya kiamat ya kiamat, tidak usah percaya sama hal yang begituan, meskipun bangsa maya bisa memprediksi hari kiamat, tapi hari kiamat rahasia Illahi. <–<Indonesia

  21. jangan pernah percaya kepada prediksi manusia tentang kiamat, yang perlu kita ingat adalah tawakal kepada allah dan berdoa kepadaNYA semoga amal dan ibadah kita diterima disisi ALLAH SWT. AMIIN……….. dan allah menjajikan kita surga bigoiri hisab kepada umatnya yang taat menjalankan segala perintahNYA

  22. aq cii
    gag pcaia ma kiamat 2012 g2 . .
    kiamat kand die artknd dlm bntuk
    bxq’na aksi demo
    ato kekcauand dlm stiap negara
    kiamat kand hnya die tntukan oleh tahan
    bknd qt . .

    wat iank pcaia dgn tuhan
    rjind” mperkuat iman qt
    yar gag jtuh dlm dosa

    god blessss u

  23. Bapa-bapa, Ibu-ibu dan saudara sekalian. Mengenai isu yang berkembang belakangan ini yang mengatakan bahwa Dunia akan kiamat pada tahun 2012 (menurut ramalan bangsa Maya). Jawaban saya untuk itu adalah:
    1. Kiamat itu akan datang bagi suku maya
    2. Bagi bangsa lain itu belum tentu
    3. Untuk setiap pribadi yang menganut agama yang diyakininya, silahkan bertanya kepada iman kepercayaannya; sudah sejauh manakah kepercayaannya kepada Tuhannya?. Semuanya ini untuk menghilangkan rasa takut yang berlebihan, dan selanjutnya akan meneguhkan hati dan iman kita. Karena mengenai kiamat atau tidak, kapan dan dimana itu bukan urusan manusia (dunia). Terserah saja, kapan Tuhan akan menghancurkan dunia dan segala isinya, yang penting kita tidak ikut hancur bersama dunia ini karena kita tetap mendekatkan diri dengan memanjatkan doa kepadaNya agar kita terbebas dari kekejaman kiamat yang mengerikan itu.
    Kesimpulan: Tetaplah tegar, karena kini, nanti, sebentar lagi, besok atau kapan saja kiamat datang kita akan beroleh keselamatan daripadaNya – Sang Pencipta Dunia ini. Amin !!!

  24. Waah…
    Keren ya bangsa maya!?!
    Tapi aQ gak percaya sama prediksi mereka tentang hari kiamat.
    Wong malaikat aja kagak tau kaPan kiamat datang..!
    Wallahua’lam……

  25. kita tak tau pa yg trjadi bs0k thn 2012 s0 qt siap2 ja ! smw kputsan da dtngan allah ! mndng qt t0bat adjah spa tw karang da kiamat ! . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

  26. “ga usah musingin kiamatnya, tp kita fikirkan bekal apa yg harus dibawa untuk selamat dunia wal akhirat. biarkan saja meramal & berpendapat toh itu hanya sebuah pemikiran manusia yang hnya sdikit ilmunya dibandingkan ilmunya Allah SWT.

  27. top bacaan yang bermutu,
    so, ambil hikmah nya dari bangsa ‘maya’perhitungan yang akurat dari bangsa itu juga ga mustahil terjadi karna dah di percaya oleh mereka,
    walaw gejala kiamat itu dah kelihatan di mana2,
    kan tetep aj final nya yang kuasa (ALLAH) juga pegang kendali, jdi santai aj wahai mahluq2 yang ad di muka bumi, kita akan kembali pada_NYA juga..

  28. Menurut saya manusia & bangsa maya boleh memprediksi datangnya hari kiamat, but hari kiamat itu adalah rahasia & kuasa Allah SWT. Prediksi ilmuwan2 ato bgs maya boleh kita ambil sbg ilmu pengetahuan juga.
    artikel bermanfaat kawan, thanks n salam kenal.

  29. percaya atau tidak namanya jg bangsa “Maya”
    qta hidup di dunia “NYATA”
    jadi .. RamaLan terkadang bisa benar..shg manusia perlu mawas diri krn dlm tubuh manusia ada (Tuhan) yg bersemayam (Roh), inilah yg membuat qta hidup..
    yg pasti 2012 ada badai matahari menurut NASA
    nie link :
    http://iptek.tvone.co.id/berita/view/34095/2010/03/09/selamatkan_bumi_dari_badai_matahari/

    nie link NASA : http://science.nasa.gov/science-news/science-at-nasa/2009/29may_noaaprediction/

    waspada bencana dari dalam bumi sendiri maupun dari luar bumi…
    lumpur Lapindo, Gempa, Tsunami, Gunung Meletus di Eropa, dll

    Peace…

  30. perhitungan pada kelender maya itu sangat bribet…… maka suku maya menobatkan bahwa hari akhir itu adalah 2112012 itu adalah hari kiamat karna kelender disuku maya itu udh habis jdi secara otomatis mereka sdh menentukan kapan hari kiamat itu terjadi……
    sebagai umat muslim tentunya tidak menyembah kepada suku maya melainkan kepada ALLAH SWT semata……

  31. prediksi bangsa Maya sama sperti perhitungan maupun prediksi bbrp suku bangsa Indonesia, spt Jawa, yang punya ‘produk’ spt weton, neptu, dll. Jadi rasionalismenya berdasarkan keilmuan yg dimiliki, bukan prediksi spiritualitas spt para wali yang mendapat wangsit dari Yang Maha Kuasa..but whatever, kita sikapi aja sbg sesuatu yg musti kita waspadai dan menjadikan kita lbh introspektif..

  32. Tentang kapan akan terjadinya hari kiamat,,hanya TUHAN yang mengetahui,tetapi TUHAN juga berkata bahwa kita juga harus membaca tanda-tanda zaman,dan menurut saya prediksi dari bangsa maya dapat semakin meneguhkan kesiapan kita untuk hari kiamat itu sendiri,,walau kita tidak tahu kapan tepatnya….
    Trimakasih,…..

  33. wah jangan mudah percaya musyrik
    kasihan juga buat orang yang baru n awan terus jangan mudah trima aja n tetap tawakkal kepada ALLAH SWT semuanya itu bukan urusan kita tapi urusan ALLAH SWT ga boleh begitu buat semua n mungkin itu udah bagian kerjaan orang bangsa maya tapi toh kita sebgai orang beriman patut meyakini qodho n qadar – NYA dan juga hari kiamat

  34. orang dulu bergantung dari kepercayaan…
    kepercayaan mereka pekat tidak seperti kita sekarang…
    makanya mereka bisa menghitung semua…
    lihat kita sekarang… ini itu aja sudah kalangkabut…
    tidak beraturan…

    namanya kiamat itu terjadi setiap saat…. itu namanya kiamat kecil…
    kalau kiamat besar kita tidak tahu berapa kurun waktunya dan kapan akan terjadi……
    allahuwalam…
    ingatlah kita hidup untuk masa yang akan datang setelah ini…

  35. kalo menurut saya,kiamat itu punya tanda-tanda,salah satunya sudah tidak ada lagi manusia yang beribadah.tapi kenyataannya yang sering kita lihat,masih banyak manusia yang menjalankan ibadahnya masing-masing.

  36. Hi ..aku gak komen kok cm pgn ijin ngucapin salam kenal ya..salam dari blogger jogja..buat temen2 yg mbaca ini,salam kenal jg ya..salingberkunjung yuk,klo berkunjung pasti aku buatkan kopi wes,gmn..?ditunggu ya..
    http://jogjakunyaman.co.cc

  37. qt sbg umat islam jg prcaya gg rmlan2.
    tetapi jdikan renungan saja. insyaallah itu bkn kiamat.
    melainkan perubahab besar2an. krna tahun ini adalah puncaknya perubahan peradaban.
    insyaallah ini adalah surga bgi orang2 islam….

  38. salam kenal gan….
    saya sangat yakin masalah kiamat tidak ada yang tau,rahasia illahi.
    buat apa kita percaya sama ramalan itu,mending kita mempersiapkan untuk bekal di akhirat nanti…..

    1. hei mbak nopha . benar itu jangan kita , mendahului apa kata yang punya . sesungguhnya kita manusia tidak banyak yang diketahuinya . tentang rahasia dunia siang maupun rahasia malam.
      satu contoh ilustrasi tentang dialog malaikat dengan Tuhan , tentang diciptakanya manusia :
      M : ya Alloh apakah engkau mau menjadikan manusia dimuka bumi yang saling menumpahkan darah
      A : Hai malaikat Aku lebih tahu sebelum dan sesudahnya .

      semoga kita bisa memantapkan pendirian kita tentang hal fenomena alam apapun dan kapanpun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s