Foto-foto terbaik dari telescope hubble

h1Galaxy Sombrero berjarak 28 juta tahun cahaya dari Bumi, dipilih sebagai foto terbaik yang pernah diambil oleh telescope Hubble. Disebut juga M104 dimana galaxy ini memiliki 800 milyar bintang dalam 50.000 tahun cahaya yang melintasi.

h2Dinamakan kelompok bintang Semut, berjarak antara 3000 sampai dengan 6000 tahun cahaya dari Bumi. Disebut juga sebagai Mz3. Ketika observasi mengingatkan pada semut, terlihat lapisan kabut debu dan  gas.

h3Di posisi ke tiga ada Nebula NGC 2392, berjarak 5000 tahun cahaya dari Bumi. Disebut Eskimo karena mirip seperti wajah orang Eskimo. Dilingkari cincin yang terdiri dari banyak komet.

h4Disebut kelompok bintang Mata Kucing , yang mana terlihat seperti mata dari cincin milik Sauron pada film Lord of the Rings.

h5Dinamakan Jam Pasir karena kemiripan bentuknya, berjarak 8000 tahun cahaya dari Bumi.

h6Disebut juga Kerucut, berjarak 2,5 tahun cahaya pada panjang jaraknya yaitu setara dengan 23 juta perjalanan kembali dari bulan.

h7Dinamakan Badai Yang Sempurna, berjarak 5500 tahun cahaya dari bumi diskripsikan sebagai gelembung laut yang terdiri dari Hidrogen, sedikit Oksigen, Sulfur dan masih banyak elemen lainnya.

h8Dinamakan Bintang Malam, dinamakan demikian karena mengingatkan para astronomi pada lukisan terkenal Van Gogh. Terlihat lingkarang cahaya mengitari sebuah bintang di dalam galaxy Bima Sakti.

h9Dinamakan Mata yang menatap tajam, berjarak 114 juta tahun cahaya. Adalah putaran inti dari 2 buah galaxy yang digabung dinamakan NGC 2207 dan IC 2163 pada Konstelasi Canis Besar.

h10Ini adalah tempatnya bintang-bintang dilahirkan, berjarak 9000 tahun cahaya dari Bumi.

27 comments

  1. Subhanallah…
    Yang paling berkesan adalah sebuah poto yang diambil oleh telescope hubble : MAWAR MERAH
    yang ternyata telah ada didalam Al-Qur’an Surah Arrahman.. menjelaskan tentang proses terjadinya alam semesta..

    Allahu Akbar.

  2. Wow… amazing. How great Thou art. Pantesan lagu2 ciptaannya indah2. Ini juga sumber inspirasinya ya. Yg Kerucut itu kyk gbr orang dr samping.

  3. Ketika saya melihat keajaiban seperti itu membuat saya berpikir bagaimana manusia kecil dan tidak signifikan adalah. Dan kemudian hits saya bahwa bahkan terkecil ciptaan Tuhan, bahkan manusia, adalah menakjubkan sebagai gugus bintang terbesar. Dan entah kenapa aku kemudian merasakan Whole Misteri bahkan bagian terkecil dan untuk sesaat Wonder itu semua mengambil napas pergi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s