Twitter makin seru…

twittingwithtwitterPERTUMBUHAN pengguna BlackBerry,iPhone, serta smartphone lainnya di Indonesia mengangkat Twitter lebih tinggi.Apa yang membuat microblogging ini begitu adiktif?  Pandji Pragiwaksono termasuk penggila Twitter.

Dalam tweet-nya, presenter dan penyiar radio ini lebih banyak mengungkap soal pernyataan sikap serta pandangan hidup dibanding sekadar bercerita soal keseharian. Sering, ia melempar sebuah isu untuk dijadikan ajang diskusi dengan 20.917 followers(pengikut)-nya. Yang sedang getol dilakukannya adalah menggagas dan menggerakkan sebuah ”organisasi”bernama Indonesia Unite.

Gagasan ini disebarkan dalam berbagai format jejaring sosial di dunia maya, termasuk Twitter.Pandji dan rekan-rekannya getol memberi semangat bahwa generasi muda Indonesia tidak takut teroris. ”Luar biasa,saya dan temen-temen tidak menyangka sambutannya begitu banyak.Para simpatisan pendukung yang di dalam negeri, langsung memasang bendera Merah Putih sebagai ikon Indonesia Unite di setiap jejaring sosial yang mereka pakai.

Baik itu di Twitter, Facebook, blog, Plurk, ataupun situs weblainnya,”terang Pandji. Lainnya itu, penyanyi hip-hop ini juga aktif mempromosikan penjualan albumnya secara online melalui #pandjimusic,begitu pun jadwal manggungnya. Menurut Pandji, Twitter adalah media jejaring sosial yang efektif untuk berbagi. Bahkan ketika albumnya dibajak pun, dia mengabarkannya untuk mengetahui perkembangan terakhir.

Cukup banyak selebritis lain yang juga aktif dalam Twitter dengan ribuan followers.Mulai Deddy Corbuzier,Cathy Sharon,Desta dan Vincent Club Eighties, Sherina Munaf, Alice Norin, Bunga Citra Lestari dan suami Ashraf Sinclair, Iwet Ramadhan,Novita Angie,Tora Sudiro, Indra Herlambang, Nova Riyanti Yusuf, Barry Likumahuwa, Joko Anwar,VJ Daniel,Ari Untung, Shanty, Mieke Amalia, Sarah Sechan,hingga Dewi Sandra.

Masing-masing juga memiliki cerita yang berbeda-beda soal pengalaman nge-tweetmereka.Chaty Sharon misalnya. Buat kakak Julie Estelle itu, Twitter menjadi media untuk mempromosikan dan menginformasikan pekerjaannya. Namun, karena Twitter pula Cathy harus merasakan pelecehan seksual oleh seorang ”pria gila”. ”Twitter cuma untuk seruseruan sama teman-teman, balesbalesan sama fans-ku. Kalau untuk melakukan hal yang heboh,aku belum sampai tahap itu.

Twitter itu tempat promosi untuk kasih tahu aku ngapain aja,menyangkut kerjaanlah,” terang Cathy. Namun begitu, bukan berarti Cathy jadi terbebas dari gangguan. Sempat ada pria yang menggodanya dengan kata-kata kasar.”Langsung aku ReTweetke teman-teman. Dan biasanya mereka (teman-teman) langsung meminta aku ngeblok dia,biar enggak bisa pakai Twitter lagi,”bebernya.

Sering Jadi Trending Topics
Daya pikat Twitter memang tidak bisa dianggap remeh.Ketika bom Kuningan meletus pada 17 Juli silam, Daniel Tumiwa, Co Founder serta Adviser di NuBuzz Networks adalah orang pertama yang mengabarkan kejadian itu melalui Tweet-nya.

Bom meletus pada pukul 07.45, dan Daniel,yang saat itu berada di lokasi kejadian mengabarkan berita tersebut melalui Twitter pukul 07.47 WIB. Tak lama setelahnya, Ritz Carlton dan Jakarta mengalahkan topik Michael Jackson dan pemilu di Iran sebagai trending topicsdi Twitter. Dan soal trending topics, pengguna Twitterdi Indonesia termasuk aktif.Tak heran, banyak sekali topik dari Indonesia yang masuk ke puncak Trending Topics di Twitter.

Mulai yang serius seperti #Indonesiaunite, hingga ringan seperti #jamanSD. Tapi, yang paling heboh barubaru ini adalah kejadian saat sutradara Joko Anwar memenuhi janjinya untuk telanjang bulat di minimarket Circle K pada Selasa (23/9) dini hari. Latar belakangnya sederhana saja,sekitar pukul 14.00 WIB,Joko Anwar mem-posting tweet, ”If I got my 3000th follower today,I’ll go into a Circle K naked,”. Tweet iseng itu mendadak jadi populer.

Satu jam kemudian,followers sutradara Janji Joni, Pintu Terlarang, dan Kala itu langsung menembus tiga ribu orang. Gara-gara itu, Circle K bahkan menjadi trending topics,begitu pun nama Joko Anwar menjadi sangat populer.Rabu pukul 00.10, akhirnya Joko Anwar bersama beberapa rekannya memenuhi janji itu di kawasan Circle K kawasan Bintaro. Kini, followers Joko Anwar mencapai 27.110. Hal serupa juga dilakukan oleh Ignatius Penyami alias Igor, rapper dari grup Saykoji.

Pria dengan berat 113 kilogram tersebut melakukan push up sebanyak 158 kali dalam waktu 30 menit setelah followers #stoppemiskinan mencapai angka 1000.Aksi tersebut juga ia videokan melalui YouTube. Igor juga meminta followers-nya untuk menggalang dukungan untuk endpoverty2015.org.(donny apriliananda)

sumber : koran sindo

2 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s