Malang diguncang gempa 5,6 SR

Gempa berkekuatan sekitar 5,6 pada skala Richter (SR) menguncang wilayah Malang Raya dan dampak guncangan bisa dirasakan oleh masyarakat di sekitar pesisir pantai selatan Jawa, antara lain Blitar, Tulung Agung, Trengalek hingga kabupaten Pacitan.
Kepala Kelompok Jabatan Fungsional BMG Lahor Karangkates Malang, Waskito, Senin, membenarkan telah tejadi gempa bumi yang berkekuatan 5,6 SR pukul 07.09 WIB yang mengguncang wilayah Malang Raya dan sebagian pesisir pantai selatan Jawa.
“Episentrum atau pusat gempa berada pada 09.85 derajat Lintang Selatan (LS) dan 112.44 derajat Bujur Timur, tepatnya 200 km di tenggara kabupaten Blitar,” katanya saat dikonfirmasi.
Menurut dia, gempa yang terjadi di arah tenggara kabupaten Blitar merupakan gempa tektonik dengan kedalam episentrum sekitar 10 km. Gempa terjadi akibat ada pergeseran batuan yang ada didasar laut pantai selatan Jawa.
“Hingga saat ini belum ada laporan masalah kerusakan akibat terjadinya gempa. Kami berharap pada masyarakat yang terkena dampak gempa untuk segera melaporkan pada kantor BMG maupun kantor pemerintahan setempat,” katanya menambahkan. (*)\
sumber : antara news

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s