Penjualan ponsel China meningkat drastis

imo

MENGINJAK semester kedua 2009, pertumbuhan ponsel China di Indonesia ternyata terus bertumbuh. Presiden Direktur IMO Mobile Entertainment Sarwo Wargono mengungkap, 50% dari total satu juta unit penjualan ponsel di Indonesia per bulannya dimiliki ponsel China.

Peningkatannya drastis,karena tahun lalu hanya berada di angka 20%. Sarwo mengatakan, saat ini pabrikan ponsel harus lebih cermat dalam membaca pasar, karena memang pasar ponsel di Indonesia sangatlah unik.”Perubahan tren bisa sangat cepat.Salah satu contohnya meningkatnya pasar ponsel QWERTY dan BlackBerry. Ini menarik, karena secara teori varian ponsel seperti tidak akan tumbuh di pasar Indonesia,”paparnya.

Diungkapkan Sarwo,peran media sangat besar dalam membentuk pasar ponsel, bahkan untuk mengkreasikan pasar yang sama sekali baru. ”Lihat saja, banyak brand besar yang tidak mengisi segmen QWERTY,karena memang varian tersebut tidak ada dalam road map atau rencana jangka panjang mereka. Ini semua tidak mereka prediksi,”tukas Sarwo lagi. IMO sendiri termasuk salah satu pemain besar dari puluhan vendor ponsel China yang berebut kue di pasar Indonesia.

Penjualan mereka mencakup 10% dari seluruh ponsel China yang ada ada di Indonesia, dengan 20 line-up ponsel yang berada di pasaran. ”Sampai akhir ta- hun, ada 4–5 produk lagi yang akan kami luncurkan,”beber Sarwo. Selain harus jeli, kata Sarwo, memasarkan ponsel dengan bundling ataupun supporting melalui operator adalah cara yang dinilainya efektif.

Bundlingartinya vendor menjual unit ponsel dengan kartunya sekaligus.”Komunitas-komunitas pelanggan operator itu lah yang saat ini sedang kita garap.Dengan bundling, kita bisa menaikkan penjualan hingga 50%,”papar Sarwo. Varian terbaru yang mereka rilis adalah QWERTY candy bar IMO G910.Ponsel seharga Rp999.000 itu berfitur GSM-GSM,memiliki kamera, FM Radio, multimedia player, Bluetooth,T-flash, dan Java.Layarnya 2,4 inci,dengan resolusi 262.000 warna TFT.

Di dalamnya ada beragam aplikasi seperti Facebook, Yahoo! Messenger,Opera Mini. IMO juga sudah menyiapkan sederet line up istimewa hingga akhir tahun. Salah satunya ponsel outdoorW900.Ponsel itu dapat bertahan saat dijatuhkan di ketinggian hingga tiga meter,mampu bertahan hidup saat direndam selama 30 menit di dalam air,juga diinjak mobil.

Di dalamnya disertakan aplikasi seperti kompas dan pengukur ketinggian atau altimeter. Lalu ada B819,ponsel QWERTY dengan warna-warna cerah untuk kaum muda. Juga, model low end B369. Bentuknya QWERTY, dengan aplikasi chat dan browsing. Terakhir adalah S900, yang akan menggunakan sistem operator Android. Ponsel tersebut bakal menjadi ponsel China pertama di Indonesia yang menggunakan sistem operasi keluaran Google tersebut.(danang arradian)

sumber : koran sindo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s