Blackberry untuk gaya hidup, bukan untuk bisnis…

bbBLACKBERRY digemari karena kemampuan multitask-nya.Namun,pengguna BlackBerry di Indonesia ternyata lebih banyak memanfaatkan handsetcanggih itu untuk keperluan lifestyle.

Berkirim dan menerima email,berselancar di web lewat internetbrowser, hingga layanan pesan instan dan jejaring sosial adalah segudang fitur andalan BlackBerry, handsetkeluaran RIM (Research in Motion). Tapi percaya atau tidak, sebagian besar pengguna BlackBerry di Indonesia ternyata ”hanya” memanfaatkan handset-nya untuk membuka Facebook dan berbincang di Yahoo! Messenger.

”Jumlahnya mencapai 80% dari total 180.000 pengguna Blackberry Telkomsel,”ujar VP Channel Management Telkomsel Gideon Edie Purnomo. Itu artinya, imej BlackBerry sebagai handset untuk menunjang keperluan bisnis dan pekerjaan tidak sepenuhnya berlaku di Indonesia. ”Karakteristik pelanggan memang seperti itu.

Mereka jarang sekali memanfaatkan email,lebih suka chatting, membuka Facebook, atau situs microblogging Twitter yang belakangan semakin populer. Setiap 2–3 jam sekali, mereka meng-update status, atau melihat status orang lain,”ujarnya. Menanggapi hal itu,Telkomsel mengelompokkan tiga karakter pengguna BlackBerry yang menonjol dalam tiga paket layanan.

Pertama, pengguna advancedyang membutuhkan layanan secara penuh. Paket BlackBerry Unlimited dengan layanan seperti push mail, chatting, browsing, hingga social networking bisa dinikmati melalui dalam paket harian Rp8.000,mingguan Rp50.000, dan bulanan Rp180.000. Dua paket berikutnya, Black- Berry Lifestyle dan Business, baru saja dirilis.

”Ini pertama kali di lakukan di Asia Tenggara,” ujar Gideon. BlackBerry Lifestyle menyediakan unlimited chatting melalui BlackBerry Messenger, Yahoo! Messenger, Google Talk, serta Windows Live Messenger,juga layanan social networking (Facebook, MySpace, dan Twitter). Harganya, Rp3.000 per hari, Rp20.000 per minggu,dan Rp65.000 per bulan.

Sementara itu, layanan Black- Berry Business menyediakan unlimited push mail dan chatting dengan paket hemat harian Rp5.000, Rp28.000 minggu, dan paket bulanan Rp80.000.Pelanggan cukup menekan *303# dan memilih paket yang diinginkan.

Gemini Sasar Pengguna Baru

Penetrasi BlackBerry di Indonesia terbilang luar biasa.Pelanggan Telkomsel yang saat ini mencapai 180.000 meningkat sekitar 500% dibandingkan jumlah awal tahun yang hanya 35.000 pelanggan. Hingga akhir tahun ini, mereka menargetkan tambahan 20.000 pelanggan baru melalui Black- Berry Curve 8520 atau Gemini.

”Pembeli paket bundlingBlack- Berry Curve 8520 akan mendapat diskon 50% di bulan ke-5 dan ke-6. Seribu pembeli yang telah pre-order juga mendapat bonus aksesori portable speaker Go Rock senilai Rp650.000,”papar Gideon. Menurut Gideon, sebagai seri BlackBerry entry level, Gemini bakal diminati, terutama oleh meraka yang belum pernah menggunakan BlackBerry sama sekali.Selain harganya lebih terjangkau, fiturnya juga lengkap.

Seri Curve tertipis ini adalah ponsel pertama RIM yang menggunakan optical trackpad sebagai instrumen navigasi. Bodinya terbuat dari karet sehingga tahan banting, juga memiliki kamera 2 MP. BlackBerry Gemini Telkomsel dipatok Rp3,5 jutaan plus layanan dan jaminan resmi purnajual langsung dari RIM.

Sebelumnya, PT Excelcomindo Pratama (XL) sudah terlebih dulu memasarkan Gemini ke pelanggannya. Bekerja sama dengan Bank Mandiri,XL membuka preorderGemini dan memberi diskon Rp700.000 (cashback) dari harga resmi Rp3,9 juta bagi 2.000 pemesan pertama sejak 24 September 2009.

Direktur of Commerce XL Joy Wahyudi mengungkap bahwa Gemini akan lebih terjangkau untuk kalangan pelajar dan mahasiswa, juga para pekerja. Saat ini XL BlackBerry melayani 165.000 pelanggan. Sementara itu PT Indosat yang juga menggelar program serupa melaluikerjasamadenganBankHSBC, belum juga menyerahkan unit Gemini kepada para pemesannya. (danang arradian)

sumber : koran sindo

4 comments

  1. Halo, terima kasih banyak artikelnya. Sangat membantu.
    Tapi saya menemukan sedikit perbedaan informasi. Di artikel ini ditulis bahwa layanan BlackBerry Lifestyle memberikan fasilitas chating dan social networking termasuk Twitter. Tetapi di website Telkomsel, hanya Facebook dan MySpace saja yang tertulis. Saya mau bertanya, sebenarnya mana yang benar?
    Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s