KPK beberkan transkrip rekaman

kpk

Peneliti hukum Indonesia Corruption Watch, Febri Diansyah, mengatakan, Komisi Pemberantasan Korupsi sebaiknya segera membeberkan rekaman mengenai rekayasa kriminalisasi terhadap lembaga antikorupsi tersebut sebelum kedua pimpinan KPK (nonaktif), Bibit Samad Rianto dan Chandra Hamzah, ditetapkan sebagai terdakwa.

“Ini harus tuntas dulu. Jika menjadi terdakwa, Bibit dan Chandra harus berhenti tetap dari KPK. Bayangkan jika ternyata terdapat kecurangan di balik kasus ini,” ujar Febri kepada Kompas.com, Selasa (27/10) di kantor ICW, Jakarta.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana Tugas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean telah memastikan adanya dokumen berupa rekaman pembicaraan tersebut. Menurutnya, KPK memang pernah melakukan penyelidikan terhadap kasus yang berhubungan dengan Sistem Komunikasi Radio Terpadu.

Tumpak juga mengatakan, dirinya siap memberikan rekaman itu kepada pihak berwajib untuk kejelasan proses hukum yang disangkakan kepada Bibit dan Chandra. Febri menilai, hal tersebut menunjukan KPK saat ini masih bersifat pasif.

“KPK harus proaktif. Adanya rekaman ini menunjukkan bahwa adanya serangan terhadap institusi KPK, bukan lagi terhadap personal,” tuturnya. Febri menambahkan, Komisi III DPR juga harus memanggil Kepala Polri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri, Jaksa Agung Hendarman Supandji, dan Tumpak untuk meminta kejelasan soal rekaman ini.

sumber : kompas.com

3 comments

  1. waduh…
    makin keruh dan makin panas saja nih kasus KPK vs POLRI…

    apalagi sekarang KPK telah memegang bukti terbarunya,
    yaiutu sebuah rekaman yang bisa dijadikan barang bukti yang ampuh…
    KPK baru saja mengeluarkan transkrip rekaman tersebut…
    semoga saja keadilan dinegara kita ini bisa semakin tegak dan semakin bisa dipercaya
    Lirik Lagu Indonesia

  2. Wah, berita besar di minggu ini. Dugaan konspirasi untuk menggulingkan duo KPK memang cukup mencengangkan. namun dari awal kasus ini bermula, memang banyak yang menyangsikannya. sepertinya layak ditunggu kebenaran transkrip rekaman yang sekarang sedang beredar.

    Kepada pihak yang berkait, mudah-mudahan dapat segera menyelesaikannya tanpa tebang pilih. negeri ini butuh keadilan, keadilan untuk semua!
    Cara Membuat Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s