Andalan baru Lexus

lexus-lf-aPERDANA: Lexus akhirnya menggulirkan varian mobil sport. Lexus LF-A jadi primadona Tokyo Motor Show (TMS) 2009, di produksi hanya 500 unit di seluruh dunia. Dengan harga sekitar Rp3,9 miliar di pasar Jepang, dua unit mobil ini akan masuk ke Indonesia. Peminat Lexus di Indonesia termasuk tinggi. Tampak Presiden Toyota Motor Corp (TMC) Akio Toyoda saat memamerkan mobil tersebut pada publik.

DALAMTokyo Motor Show (TMS) 2009,produsen mobil terbesar di dunia Toyota Motor Corp (TMC) membuat gebrakan dengan meluncurkan super sports carLexus LF-A. Kehadiran mobil sport yang akan dipasarkan mulai tahun depan itu merupakan momentum bersejarah, karena merupakan yang pertama kalinya dilakukan oleh pabrikan Jepang.

Jelas, Toyota tidak mau mainmain dengan produk anyar yang menggendong mesin V10 berkapasitas 4,8 liter itu.Mereka siap bersaing dengan produsen mobil sport lain, seperti Ferrari ataupun Porsche. LF-A yang dirancang mampu melesat dengan kecepatan maksimal 325 km per jam itu punya penampilan seperti mobil sport Eropa, bahkan terlihat lebih garang di beberapa bagian.

Kesan itu muncul saat Presiden TMC Akio Toyoda menginjak pedal gas untuk memamerkan suara khas Lexus LF-A di depan para jurnalis. ”Secara personal saya ikut berpartisipasi memberikan ’cita rasa’ dari LF-A pada tahap awal pengembangannya. Saya percaya Lexus akan menyediakan kenyamanan tertinggi kepada orang yang merasakannya,” ungkap Toyoda saat memperkenalkan Lexus LF-A di arena TMS pekan lalu.

Mobil yang di pasar Jepang di banderol sekitar 37,5 juta yen atau Rp3,9 miliar itu mampu menghasilkan output sebesar 560 dk pada 8.700 rpm serta memiliki torsi maksimum 480N/m pada 6.800 rpm.Dengan tenaga sebesar itu,Lexus LFA dapat melahap jarak 0–100 km per jam hanya dalam waktu 3,7 detik saja.

Begitu eksklusifnya, mobil super canggih ini hanya akan di produksi terbatas,hanya 500 unit saja di dunia. Setelah itu tidak akan diproduksi lagi.Untungnya, para pehobi sport car mewah di Indonesia masih berkesempatan memilikinya karena khusus untuk pasar Indonesia, PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen tunggal pemegang merek Toyota dan Lexus di Indonesia kebagian jatah dua unit.

Direktur Utama TAM Johnny Darmawan berujar, Indonesia termasuk salah satu negara di Asia yang mendapat jatah khusus dengan alokasi dua unit itu. Sebagai negara berkembang, Indonesia dinilai memiliki potensi pasar yang sangat baik untuk produk-produk Lexus. ”Ini (Lexus LF-A) akan dibawa ke Jakarta,kita mendapat prioritas dua unit.

Lebih banyak di banding negara lain seperti Filipina atau Malaysia yang cuma satu,” kata Johnny ditemui di sela-sela perhelatan TMS di Tokyo pekan lalu. ”Kita akan berusaha tambah kalau ada permintaan.Kita lihat dulu karena harganya kan mahal,” tambahnya. Untuk pasar Indonesia, harga LF-A memang belum di tentukan.

Namun dia memastikan, mobil itu terjual karena sudah ada costumer yang menanyakannya. Menurut Johnny,TAM sebagai perwakilan Toyota di Indonesia akan selalu membawa mobil-mobil terbaru untuk pasar Indonesia.Selain LF-A,TAM juga akan mendatangkan sedan hybrid terbaru dari Lexus yakni LS 600 hL.

Mobil ini merupakan hybrid pertama Lexus untuk kelas sedan. ”LS 600 hL akan masuk ke Indonesia tahun depan, harganya sekitar Rp2,7 miliar–2,8 miliar. Ini sudah ada yang pesan. Sebenarnya prinsipal sudah menyetujui LS 600 hL sejak Juni lalu,”kata dia. Menurut Johnny, untuk mobil premium seperti Lexus pihaknya tidak akan membawa portofolio sebanyak mobil penumpang nonpremium.

Hal ini karena pasarnya yang sangat segmented sehingga yang diminati konsumen juga produk- produk tertentu. ”Kita juga tidak mau punya stok banyak kecuali sudah ada konsumennya. Khusus untuk LS 600 hL paling banyak kita bawa 30 unit itu sudah bagus, mengingat harga yang ditawarkan sangat menarik,” ujarnya. Menurut Johnny, untuk mobil mewah seperti Lexus,biasanya baru akan didatangkan setelah menunggu satu bulan masa produksi dan pengiriman.

Jadi, kalau misalnya November mulai produksi,maka satu bulan berikutnya mobil yang dimaksud baru datang. Johnny menambahkan,di Indonesia penjualan Lexus terbilang bagus. Hal ini terbukti dengan larisnya model-model seperti seri LX dan RX 460 yang mendominasi penjualan.Kendati demikian, seri LX dan LS juga cukup diminati dan bergantian menjadi top salesLexus di Indonesia.

Asal tahu saja,penjualan Lexus di Indonesia sejak periode November 2007 hingga September 2009 telah mencapai 800 unit. Kesuksesan Lexus di Indonesia juga menarik perhatian TMC yang pada pekan lalu memberikan kepercayaan kepada Lexus Indonesia untuk berbagi kisah sukses kepada main dealer dari seluruh dunia.

”Kalau ingin bermain di pasar premium sebaiknya jangan tanggung, dengan itu kita akan terus mendatangkan yang terbaik ke pasar Indonesia.Tapi ini tidak mudah karena harus bersaing dengan negara lain seperti Thailand dan Malaysia,” kata Johnny.

Lelaki berkumis ini meyakinkan bahwa pihaknya senantiasa melakukan up grade perangkat servis dan layanan purnajual untuk disesuaikan dengan produk baru yang dihadirkan. ”Yang terpenting ada jaminan after sales service, training,dan segala hal termasuk alat-alat servis yang investasinya lumayan besar,”katanya. (yanto kusdiantono)

sumber : koran sindo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s