Mantan perancang mobil Formula1 ciptakan mobil listrik

F1Sebuah mobil listrik yang diciptakan oleh mantan perancang mobil Formula 1 (F1) McLaren, Gordon Murray, telah diluncurkan. Tiga prototipe model Smartcar T.27 ini akan dikembangkan selama 16 bulan ke depan.

Seperti diwartakan BBC, baru-baru ini, proses manufakturnya yang disebut iStream, telah menerima investasi sebesar 9 juta. Setengah dari jumlah itu berasal dari Badan Strategi Teknologi milik pemerintah Inggris.

Pabrik iStream luasnya hanya seperlima dari ukuran pabrik mobil konvensional. Pasalnya, mobil-mobil listrik yang diproduksi di sana tidak terbuat dari baja yang dicap, namun dirancang oleh komputer dan dilas secara bersamaan. Demikian dikatakan Direktur Platform Inovasi Badan Strategi Teknologi Inggris, David Bott.

T.27 dirancang untuk penggunaan di dalam kota. Pendahulunya yakni jenis T.25, hanya seberat 600 kilogram. Bobot ini hanya setengah dari berat rata-rata mobil keluarga ukuran kecil umumnya. “Pada umumnya mobil cenderung berat bukan demi keamanan, tapi demi kemewahan,” kata Bott. “Rangka pipa T.27 dirancang untuk menyerap energi, sehingga nantinya akan lulus semua tes keselamatan yang relevan.”

Gordon Murray telah menyempurnakan teknologi iStream sejak 1999. Dia juga telah merekrut mantan rekan-rekan sesama F1. “Pemikiran ini mirip dengan McLaren,” katanya. “Intinya adalah efisiensi dan keringanan, namun diterapkan pada kendaraan perkotaan.” Menurut dia, bagian yang paling mahal dari mobil listrik adalah baterai. Dengan demikian, buat mencapai efisiensi energi, mobil listrik haruslah ringan.

T.27 dapat mencapai kecepatan 60 mil per jam dan dirancang untuk perjalanan hingga 100 mil setelah sekali isi ulang baterai. “Mobil ini ditujukan untuk perjalanan pulang-pergi, menjemput anak-anak dan hal-hal semacam itu,” kata Murray.

sumber : liputan 6

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s