Muri temukan rekor baru manusia tertinggi di Indonesia

Musium Rekor Indonesia (Muri) mencatatkan Suparmono,24, pria asal Tulang Bawang, Lampung, sebagai manusia tertinggi se-Indonesia dengan tinggi badan mencapai 242 centimeter (2,42 meter).

“Pencatatan ini menumbangkan rekor manusia tertinggi se-Indonesia sebelumnya yang tercatat 220 centimeter,” kata pemilik MURI Jaya Suprana dalam acara pemberian Piagam Penghargaan MURI atas Rekor Insan Tertinggi di Indonesia di Jakarta, Rabu (2/12).

Meski tertinggi di Indonesia, untuk ukuran dunia tinggi tubuh Suparmono belum mampu mengalahkan Sultan Kosen, pemegang rekor pemilik tubuh tertinggi di dunia asal Turki, yang bertinggi tubuh 247 centimeter. Saat ini, Suparmono diperkirakan menempati urutan tiga dunia di belakang Kosen dan Zhao Liang asal China yang memiliki tinggi tubuh 246 centimeter. Ia menggeser posisi Ri Myung Hun asal Korea Utara yang sebelumnya duduk di urutan tiga dunia dengan tinggi 235 centimeter.

Jaya menjelaskan, Suparmono tadinya sempat digadang-gadang bakal menjadi manusia tertinggi di dunia. Tim dokter RS Siloam dan sebuah rumah sakit di Lampung sempat mengukur dan mencatat tinggi Suparmono menembus angka 270 centimeter, jauh diatas tinggi tubuh pemegang rekor dunia saat ini. Namun setelah dilakukan pengukuran ulang menggunakan pita meteran di depan saksi-saksi pengunjung acara penyerahan piagam, tinggi tubuh pria dengan berat badan 160-170 kilogram tersebut tercatat 242 centimeter dalam posisi tidur dan 239 centimeter dalam posisi berdiri.

“Sayang sekali kami tidak bisa mengakui catatan tinggi badan sebelumnya yang mencapai 270 centimeter. Mungkin tim dokter mengukurnya dari ujung kuku kaki, sedangkan kami dari ujung tumit. Tapi bagaimanapun juga, ini tetap membanggakan buat Indonesia,” jelas Jaya.

Meski saat ini mampu mencapai tinggi 242 centimeter, Suparmono mengaku ukuran tubuhnya normal seperti bayi pada umumnya ketika dilahirkan, dengan panjang 50 centimeter dan berat 4 kilogram. Ia mulai merasa tubuhnya tumbuh lebih tinggi dibanding orang seusianya sewaktu usianya mencapai 10 tahun. Di keluarga besarnya pun, tidak tidak satupun yang kondisinya sama dengannya.

“Waktu itu saya yang paling tinggi di kelas. Pas umur 17 tahun tinggi saya sudah lewat 2 meter, sekitar 2,18 meter,” terang pria jebolan SD tersebut.

Menjulangnya tinggi tubuh Suparmono berimbas kepada porsi makannya. Ia mengaku satu harinya dapat mengkonsumsi makanan hingga 3 kilogram, bahkan lebih. Makanan favoritnya adalah ubi dan daun singkong.

Meski memiliki tinggi abnormal, dirinya mengaku tidak pernah mendapat perlakuan buruk atau dicemooh oleh orang-orang di lingkungannya. Ia, ungkapnya, pernah memiliki pacar wanita yang tinggi tubuhnya nyaris setengahnya, sekitar 160 centimeter.

“Dulu saya juga suka olahraga bola basket. Tapi makin tinggi saya, makin tidak kuat kaki saya. Saat ini kaki saya terasa sakit karena tulang dengkul saya mulai tidak kuat menopang badan,” akunya.

Ia melanjutkan, sulitnya memiliki tinggi tubuh yang jauh diluar ukuran normal membuatnya harus banyak beradaptasi, khususnya dengan alat-alat yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk pakaian dan sepatu misalnya, harus dipesan khusus. Begitu pula dengan tempat tidur dan jamban, keduanya disesuaikan agar bisa diadaptasi oleh Suparmono. Bahkan, untuk naik mobil pun tempat duduk bagian tengah dan belakang harus dilipat agar dirinya bisa duduk selonjor.

“Kalau sendok dan garpu makan ya ukurannya biasa saja. Hanya piringnya yang agak besar atau biasanya langsung makan pakai bakul nasi biar gampang,” papar dia.

Lebih jauh, ia berharap ada pihak-pihak baik pemerintah ataupun masyarakat yang bersedia membantu biaya untuk mengobati kakinya. Pasalnya, jika tidak dioperasi, kata dia, lambat laun dirinya tidak akan bisa berjalan lagi akibat persendian kaki yang makin tidak kuat menopang tubuh raksasanya.

“Say harap pemerintah atau siapapun ada yang peduli dengan nasib saya. Jangan hanya fokus pada politik Indonesia yang ruwet saja,” pungkas pria yang mengaku gemar mengikuti berita politik tanah air tersebut. sumber : media indonesia

Diterbitkan oleh krishnabalagita

My name is Krishna, I'm a musician from Indonesia...

Satu pendapat untuk “Muri temukan rekor baru manusia tertinggi di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: