Ucok “AKA” tutup usia

Penyanyi rock legendaris Ucok ‘AKA’ Harahap meninggal di Rumah Sakit Dharmo, Surabaya, Jawa Timur, di usia 66 tahun, Kamis (3/12). Ucok meninggal karena menderita kanker paru-paru stadium 4.
“Tadi pagi sekitar jam 05.30 WIB. Sekarang ada di ruang jenazah,” ujar petugas Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Dharmo, Roni, ketika dihubungi, Kamis (3/12).

Menurut Asisten Pribadi Ucok, Arul, Ucok dibawa dari rumah ke Rumah Sakit Dharmo sekitar pukul 05.00 WIB. “Karena (kanker paru-parunya) kambuh,” ujar Arul. “(Dia) nggak bisa nafas.”

Setelah sekitar lima menit masuk Unit Gawat Darurat, nyawa Ucok tidak bisa diselamatkan. Menurut Arul, Ucok sudah enam kali bolak-balik masuk Rumah Sakit Dharmo akibat kanker paru-paru yang dideritanya.

Keluarga Ucok seperti istrinya, Sri, saat ini sudah berada di Rumah Sakit.

Ucok Harahap dikenal sebagai vokalis band AKA. AKA pernah menelurkan beberapa album, seperti Do What You Like (1970), Reflections (1971), Crazy Joe (1972), Sky Rider (1973), Cruel Side of Suez War (1974), Mr. Bulldog (1975), Pucuk Kumati (1977), AKA in Rock (1979), The Best of AKA (1979), AKA 20 Golden Hits (1979), dan Puber Kedua (1979).

Grup ini dielukan ketika Ucok menggotong peti mati ke pentas di awal-awal penampilannya. Saat Jakarta Rock Parade pada Juli 2008, usianya yang sudah 69 tahun tidak membuat Ucok kehabisan akal untuk menampilkan atraksi menarik. Ucok tampil dengan membakar dupa dan menggantungkan kaki di atas panggung.

Sosok Ucok juga menebarkan aura mistik. Pada 2002, Ucok menghilang dan hijrah ke Gunung Arjuna di Tretes, Malang, Jawa Timur. Ternyata, Ucok bertapa di Indrokilo. “Hasilnya, ya, inilah, saya harus terus bermusik,” ujar Ucok kepada Aguslia Hidayah dari Tempo.

sumber : tempointeraktif.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s