Cerita tentang ikan seharga Rp. 500 juta

Bagi para pehobi ikan hias tentu sudah tak asing dengan ikan Arwana. Tampilannya anggun dan berwibawa hingga tak heran jika disebut sebagai rajanya ikan hias. Dari berbagai jenis yang ada, Arwana Super Red didaulat sebagai kasta tertinggi Arwana karena keindahan dan mitos yang menyelimutinya.

“Sampai saat ini jenis Super Red yang masih menjadi kasta tertinggi ikan Arwana dan ikan hias lainnya,” kata Steven Surya Atmaja dari Arowana Club Indonesia (ACI) saat ditemui Kompas.com di sela-sela pameran reptil dan ikan hias bertajuk Indonesia Pets Plants Aquatic Expo 2009 , di WTC Mangga Dua, Jakarta, Minggu (6/12).

Acara pameran berbagai jenis ikan hias yang diselenggarakan 5-13 Desember ini memang secara khusus menampilkan Arwana sebagai salah satu unggulan di jajaran ikan hias. Jenis Super Red pun menjadi bintang utama dalam pameran tersebut.

Luar Biasa Mahal

Dengan kasta tertinggi itu pula, maka wajar jika harga ikan Arwana terutama jenis Super Red bisa mencapai harga yang dianggap luar biasa mahal bagi orang awam. “Sebagai ikan hias dengan kasta tertinggi maka harganya pun tentu menyesuaikan dengan kualitasnya,” kata Steven.

Ia mengungkapkan, dengan tren ikan hias sekarang, harga seekor Arwana Super Red dengan kualitas terbaik bisa mencapai Rp 500 juta. Untuk anakan Super Red yang paling kecil, kata dia, dipasarkan dengan harga berkisar Rp 3,5 juta.

Salah satu Super Red unggulan dari Arowana Club Indonesia pun rencananya akan ditampikan pada 12 Desember mendatang dalam pameran tersebut. “Jenisnya Super Red, dengan warna yang sangat merah mengilap,” katanya.

Meski harganya terbilang tak masuk akal, namun Steven mengungkapkan, memelihara ikan Arwana merupakan investasi yang sangat menjanjikan. Bisnis ikan Arwana terutama jenis Super Red sangat tinggi peminatnya terutama di luar negeri. “Para peternak Arwana di Indonesia malah sering kewalahan memenuhi permintaan dari luar negeri. Banyak permintaan dari luar, jadi makin meningkatkan harga jual Arwana,” katanya.

Singapura, China, Thailand, Kanada, dan negara-negara di Eropa, sebut Steven, masih jadi pengimpor terbesar Arwana dari Indonesia. “Potensi Arwana di Indonesia diakui masih yang terbaik. Makanya selain jadi hobi, peluang bisnis di Ikan Arwana saya kira sangat menjanjikan,” tuturnya.

Perawatan Ekstra

Meski demikian, ia mengatakan, untuk jenis Super Red memang perawatannya agak lebih sulit dengan jenis Arwana lainnya. Jenis Super Red ini bisa dibilang cukup rewel dan sangat riskan sakit jika tak dirawat dengan baik. “Ikan ini istilahnya orang gedongan. Enggak biasa kalau enggak dapat perawatan ekstra,” katanya.

Untuk air saja, misalnya, harus dilakukan penggantian air dua kali sepekan. Airnya pun, paparnya, harus air tawar yang sudah diendapkan sehari semalam. “Kalau tidak begitu malah bisa mabuk ikannya,” tambahnya. Belum lagi dengan makanannya yang harus mendukung kualitas warnanya.

Steven mengatakan, jenis Super Red harus diberikan jenis pakan yang mengandung beta karoten agar bisa menambah kilau warnanya. “Bisa diberikan udang atau kelabang,” terangnya.

Karena itu, lanjut dia, peminat Arwana Super Red kebanyakan dari kelangan yang sudah terjun lama di dunia ikan hias dan sudah paham seluk beluk arwana. “Untuk kalangan pemula sebaiknya bertahap dengan memelihara Arwana Silver dulu. Kalau sudah biasa baru nanti beranjak ke Super Red,” jelasnya.

Mitos

Sebagai ikan dengan kasta tertinggi, Arwana Super Red memang sering dikaitkan dengan berbagai mitos seputar keindahannya. Steven mengatakan, sebagian hobiis Arwana percaya, Arwana Super Red bisa mendatangkan kekuasaan dan kewibawaan bagi pemiliknya. Tak heran pula, ujarnya, banyak pejabat pemerintah memiliki Super Red di rumahnya.

“Super Red itu mitosnya membawa kekuasaan dan kewibawaan. Makanya baiknya diletakkan di ruang tamu atau di ruang tunggu tempat usaha,” jelasnya.

Steven juga berkisah, seorang ahli metafisika pernah mengatakan bahwa ia bisa melihat sebuah rumah memancarkan cahaya aura bila memiliki Arwana di dalamnya. “Arwana itu bisa memunculkan aura yang baik bagi seluruh penghuni rumah,” tandasnya. sumber : kompas.com

Diterbitkan oleh krishnabalagita

My name is Krishna, I'm a musician from Indonesia...

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: