Supercar listrik pertama di dunia

TERBATAS, Audi e-tron akan diproduksi terbatas hanya 1000 unit saja. e-tron menjadi salah satu pencetus tren supercar yang ditenagai penuh oleh listrik. Mobil ini memiliki dua motor listrik di depan dan belakang. Desain eksterior maupun interiornya sangat cantik.

AUDI menantang industri automotif dunia dengan teknologi sportscarbertenaga listrik.Mengandalkan kemampuan e-tron,Audi kini bisa menegakkan kepala. Isu mobil ramah lingkungan semakin tajam saja.Tidak hanya untuk penggunaan city car, mobil-mobil cepat kini juga mulai bergaya dengan topangan listrik.Audi pada Frankfurt Motor Show belum lama ini memperkenalkan e-tron, sebuah sportscar dengan desain eye catching lewat warnanya yang merah menyala.

Mengambil basis R8, mobil ini bisa jadi satu-satunya supercar yang ditenagai motor listrik saat ini. Meski ”hanya” listrik, jangan khawatir soal tenaga.Audi membenamkan empat motor listrik sekaligus. Dua motor listrik diletakkan di poros roda depan dan dua lagi di belakang. Dengan konfigurasi itu,Audi etron mampu menghasilkan tenaga hingga 230 kW atau setara dengan mesin bensin dilengkapi turbo yang memuntahkan 313 dk! Torsi maksimumnya mencapai 4.500 Nm.

Tenaga sebesar itu mampu membuat Audi e-tron berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam 4,8 detik dan dari 60-120 km/jam hanya 4,1 detik. Lalu,darimana sumber tenaganya? Ternyata output yang dihasilkan berasal dari energi listrik yang disimpan dalam baterai lithiumion berkapasitas hingga 42,4 kW. Baterai ini mampu memberikan suplai energi hingga mobil berjalan sejauh 248 kilometer.

Perangkat elektronik dan kondisi baterai selalu dipantau innovative thermal management system milik Audi. Dengan demikian, suhunya dapat terus dijaga. Begitu pun dengan kondisi interior,Audi menempatkan heat pump yang dapat mengkondisikan suhu dalam interior tetap normal. Eksterior tidak luput dari sentuhan, seluruh lampunya mengadopsi teknologi LED dengan efisiensi tinggi.

Tidak hanya menyala, sistem lampunya memiliki manajemen yang dapat mengatur intensitas cahaya lampu sesuai keadaan lalu lintas,peta,cuaca,bahkan adanya kabut. Melalui e-tron,Audi juga mencoba mengembangkan sistem komunikasi antarkendaraan. Komunikasi ini diciptakan melalui beberapa sensor dengan bantuan satelit sehingga pengemudi bisa membaca kondisi lalu lintas dan membantu pengendara menghindar dari kecelakaan.

Lebih menariknya lagi, ternyata e-tron tak hanya akan ”berkarat” sebagai konsep belaka.Audi telah mengumumkan bahwa e-tron akan diproduksi. Meski demikian,Audi belum mengumumkan nama resmi e-tron ketika mobil ini akan dirilis pada 2012 nanti.Tapi, sebuah sumber mengatakan bahwa e-tron akan berganti nama menjadi R8 EV. Mobil yang diposisikan di atas R8 ini sepertinya akan memiliki desain yang tak jauh berbeda dengan versi konsepnya.

Kemungkinan desain lampu utama dan belakang akan berbeda dengan R8.Namun, garis body-nya sama persis dengan e-tron. Meskipun e-tron baru dirilis tiga tahun lagi,Audi sudah memberikan ancar-ancar jumlah produksi. Audi hanya memproduksi mobil ini sebanyak 1.000 unit di seluruh dunia. Audi optimistis bahwa etron akan laku keras meskipun akan dihargai cukup mahal.

”Kami percaya banyak konsumen yang lebih memilih e-tron dibandingkan supercar konvesional lainnya. Kami juga optimistis target penjualan 1.000 unit bakal tercapai. Terlebih Audi saat ini telah memiliki 5.000 dealer di seantero dunia,” ujar Achim Badstuber,Kepala Desainer Audi seperti dikutip AutoExpress.

Memang, angka 1.000 itu sangat kecil. Namun, sebut Badstuber, sesuai dengan tujuan pengembangan mobil sport listrik dari pabrikan ini, jumlah itu sangat masuk akal bila dilihat dari permintaan mobil sport selama ini. Karena baru akan mulai diproduksi dua tahun lagi, penggemar Audi baru bisa menikmati kecanggihan e-tron lewat permainan Play- Station dan berkompetisi menggunakan kendaraan elektrik Audi di arena balap. (donny apriliananda) sumber : koran sindo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s