Korupsi telah jadi ideologi

Korupsi telah menjadi ideologi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Perilaku korupsi telah menjangkiti semua kelompok masyarakat dari berbagai tingkatan. Oleh karena itu, Nahdlatul Ulama mendorong gerakan moral untuk hidup halal.

Hal itu dikemukakan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Hasyim Muzadi di Jakarta, Rabu (23/12/2009).

Dijadikannya korupsi sebagai ideologi terlihat dari orientasi masyarakat saat mendaftar sebagai pegawai negeri sipil atau melamar jabatan publik tertentu. Orientasi mereka tidak lagi pada gaji yang akan mereka terima apabila terpilih, tetapi pada seberapa besar jabatan yang diembannya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan dirinya.

Pelaku korupsi juga bukan berasal dari kelompok yang secara ekonomi kekurangan. ”Korupsi justru dilakukan oleh orang yang mampu secara finansial, tetapi terjebak dalam budaya hedonisme yang parah,” kata Hasyim.

Di Yogyakarta, aktivis dan peneliti korupsi, George Junus Aditjondro, menyerukan audit keuangan terhadap yayasan-yayasan yang terkait keluarga Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

”Selama yayasan-yayasan itu tidak pernah diaudit dan dilaporkan ke parlemen dan ke media, yayasan-yayasan ini berpotensi melakukan mobilisasi dana dan mobilisasi suara (pemilu),” ujar Aditjondro dalam jumpa pers prapeluncuran bukunya, Membongkar Gurita Cikeas Di Balik Skandal Bank Century terbitan Galangpress Yogyakarta, kemarin.

Beberapa yayasan yang perlu diaudit, menurut Aditjondro, seperti ditulis dalam buku itu, adalah Yayasan Puri Cikeas, Yayasan Kesetiakawanan dan Kepedulian, Yayasan Majelis Dzikir SBY Narussalam, dan Yayasan Mutu Manikam Nusantara. sumber : kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s