Ternyata Mercedes langganan pembayar denda di AS

Mercedes-Benz membayar denda paling besar di Amerika Serikat. Berdasarkan laporan yang dilansir Badan Keamanan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS (National Highway Traffic Safety Administration/NHTSA), sepanjang tahun 2009 pabrikan mobil asal Jerman itu melalui ATPM-nya di Negeri Paman Sam harus menyetor uang denda 6,8 juta dollar AS (sekitar Rp 64,6 miliar).

Denda tersebut berupa sanksi administratif yang wajib dibayar ke pemerintah AS karena kendaraan dari Jerman ini tidak memenuhi standar efisiensi bahan bakar. Demikian laporan yang dikutip situs Leftlanenews.com, Kamis (31/12/2009). Jumlah tersebut tergolong terkecil yang harus dibayar Mercedes, tetapi tetap yang terbesar di antara keenam pabrikan yang juga terkena sanksi. Dan 2009 ini, pemerintah AS menerima uang denda 13 juta dollar AS (sekitar Rp 130 juta).

Ini bukan yang pertama menimpa Mercedes. Tahun sebelumnya, mereka bahkan harus merogoh kocek lebih dalam, yakni 28,9 juta dollar AS untuk kasus yang sama. Namun, saat itu (2008) Mercy menduduki urutan kedua, sedangkan yang teratas diduduki Daimler Chrysler yang harus menanggung denda 30,3 juta dollar AS.

Dijelaskan oleh NHTSA, dalam beberapa tahun belakangan, produsen mobil yang bermain di segmen premium dengan pasar yang kecil (niche) tak terlalu memikirkan konsumsi bahan bakar sebagai nilai jual. Sekarang, dengan adanya penetapan rata-rata standar konsumsi bahan bakar baru di AS sesuai dengan Corporate Average Fuel Economy (CAFE), maka produsen mobil harus mulai berpikir ulang.

Pemerintah di bawah kepemimpinan Obama saat ini tengah menggodok peraturan baru untuk lebih meningkatkan penghematan konsumsi bahan bakar, khususnya kepada produsen mobil yang hanya menjual di bawah 400.000 unit per tahun di pasar otomotif AS. sumber : kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s