Aura Jerman siap terkam Italia

SETELAHChina dan Singapura,Indonesia adalah negara ketiga yang bisa melihat langsung Porsche Panamera.Sportscareksotis itu siap dilego dengan angka miliaran rupiah.

Sportscar di Indonesia memang tak seramai di Negeri Pizza. Pemiliknya hanya orang-orang tertentu, mereka yang mempunyai kegemaran mengoleksi mobil mewah.Tentu saja, pemilik mobil sport dengan performa tinggi itu juga didominasi ”kaum borjuis”,dengan kekayaan yang tidak pernah susut. Namun,justru segmen kecil itulah yang membuat PT Eurokars Arta Utama (Porsche Centre Jakarta) semakin bersemangat menghadirkan Panamera. Di pengujung 2009 lalu,Porsche Centre Jakarta resmi memperkenalkan mobil Gran Turismo empat pintu itu kepada publik di Hotel Ritz-Carlton Jakarta.

Untuk memancing konsumen premium Indonesia,Porsche Asia- Pasific yang berpusat di Singapura meminjamkan tiga varian Panamera untuk Porsche Jakarta. Ketiga tipe itu adalah Turbo, 4S, dan S. Meski belum mendapat pesanan resmi,agen tunggal pemegang merek (ATPM) mengaku sudah mencatat beberapa calon konsumen potensial Panamera. ”Sudah ada beberapa yang tertarik.Tapi,berapa jumlah pastinya, kami belum bisa mengatakan,” ungkap Executive Chairman Eurokars Grup of Companies Karsono Kwee. Soal pemesanan, dia menegaskan bahwa sejumlah unit akan datang pada kuartal pertama tahun ini meski pemesan sudah harus bookingsejak akhir 2009.

Menanggapi munculnya beberapa sportscar berbeda dengan varian baru di Indonesia,Porsche Centre Jakarta tidak menganggapnya sebagai pesaing. Menurut Kwee, Porsche dan sedan-sedan sejenis lainnya mempunyai pangsa pasar tersendiri.”Sedan sport yang membanjiri pasar lokal memiliki keunggulan masing-masing,”ujarnya. Di dalam negeri, bisa saja Porsche Centre mengatakan bahwa Panamera tidak punya pesaing. Namun,di luar sana,persaingan sebenarnya sangat panas.

Panamera terus berusaha mempertahankan jati dirinya sebagai sportscar sejati di tengah gempuran Mercedes- Benz CLS63 AMG, Aston Martin Rapide, hingga Maserati Quattroporte. Publik Relation Porsche Centre Jakarta Calista Tambonan menyatakan belum bisa memberikan harga baru untuk Porsche Panamera. Jangankan harga, untuk pembayaran downpayment (DP) saja masih belum bisa diprediksi.”Jadi untuk saat ini belum bisa DP,tapi kami akan segera memberikan kejelasan tentang keberadaan produk terbaru ini,”ujar Calista.

Terkendala pajak dan bea masuk barang mewah ke Indonesia membuat Porsche Centre Jakarta kesulitan membuat daftar harga produknya.Namun,jika kita menelisiknya, bayangan akan harga mungkin bisa dikira-kira. Di Jerman, Porsche Panamera varian S atau terendah dijual seharga 85.000 euro atau sekitar Rp1,2 miliar. Jadi, untuk mengirangira, harga itu akan berlipat-lipat jika masuk Indonesia karena masih ada berbagai pajak yang menghadang.

Meski nantinya Porsche Panamera dilempar dengan harga di atas Rp3 miliar,jaminan konsumen sudah di depan mata. Penggemar Porsche di Indonesia tentu sudah mengincar hadirnya Panamera untuk dijadikan koleksi tambahan di garasi rumahnya. (donny apriliananda) sumber : koran sindo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s