Sedan Chevrolet dari China dijual Rp 78 Juta-Rp 93 Juta

Sekali kita hanya iri melihat dua negara Asia mampu menawarkan mobil dengan harga terjangkau kepada rakyatnya. Kali ini giliran masyarakat China disodorkan mobil berstandar kualitas global oleh General Motors (GM) Shanghai dengan harga mulai dari Rp 77.280.000 hingga Rp 93.000.000.

Sedan ini mulai diperkenalkan GM Shanghai kemarin dengan nilai tambah tak kalah menarik, yaitu konsumsi bahan bakar yang irit dan standar emisi gas buang Tahap IV China (sama dengan Euro4). Nama sedan kompak 4 pintu tersebut adalah Chevrolet New Sail dan dipasarkan dalam 5 varian.

Terobosan
Menurut GM, New Sail adalah sedan Chevy pertama yang dibuat di China dan merupakan produk hasil kerja sama dengan mitra asingnya, atau hasil pengembangan GM Shanghai dengan Pan Asia Technical Automotive Centre (PATAC), perusahaan patungan GM-SAIC.

Bagi GM, keberhasilan mereka menelurkan Sail merupakan terobosan. Pasalnya, mereka mampu memproduksi sedan dengan harga di bawah 10.300 dollar AS (Rp 95 juta). Selama ini, mobil-mobil kecil hanya dikuasai oleh produsen domestik. Sejak diluncurkan kemarin, GM Shanghai langsung membuka pesanan.

“Misi kami, agar lebih banyak pribadi dan keluarga mengujudkan mimpi mereka memiliki mobil sendiri,” kata Kevin Wale, Presiden dan Direktur Pengelola GM China Group tentang produknya yang satu ini.

“Dengan New Sail, kami menentukan standar baru untuk segmen mobil kecil bawah. Tentunya tetap mengikuti standar global Chevrolet. Nanti direncanakan, New Sail akan diekspor untuk menguji kemampuan produk yang dikembangkan di China ini di negara lain,” tambah Kevin.

Pilihan mesin
New Sail ditawarkan dengan dua pilihan mesin, yaitu S-TEC II berkapasitas 1,2 liter dan S-TEC III 1,4 liter. Mesin 1,2 liter diklaim Chevrolet terbaik di kelasnya karena konsumsi bahan bakar 17,5 km per liter.

Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 64 kW (85 PS) dan mampu melakukan sprint dari 0-100 km per jam dalam 12,9 detik. Adapun mesin 1,4 liter menghasilkan tenaga 76 kW (101 PS) dan mampu membuat New Sail berakselerasi 0-100 km per jam dalam 11,9 detik dan konsumsi bahan bakar 17,0 km per liter.

Pada mesin New Sail ini dicangkokkan teknologi Variable Geometry Intake System (VGIS). Panjang dan geometri saluran isap bisa diubah-ubah dengan tujuan untuk memperoleh tenaga dan torsi yang mantap pada setiap tingkat putaran mesin.

Cara lain yang dilakukan untuk memperoleh efisiensi adalah penggunaan material transmisi dan bodi yang ringan. Efisiensi juga diperoleh dengan mengoptimalkan koefisien gesek transmisi dan mengurangi hambatan gesek gelinding ban.

Kendati dikategorikan sebagai mobil kecil, New Sail dipastikan enak dikebut dengan transmisi manual 5 kecepatan. Menurut GM, perpindahan gigi mobil ini berlangsung dengan mulus.

Setirnya juga didesain dengan penampilan sporty. Sasisnya yang kokoh menghasilkan pengendalian secara mantap dan nyaman. Dengan kaca depan luas,  pandangan pengemudi jadi lebih lega. Adapun jok dirancang sesuai dengan postur pengguna lokal. Selain itu, mereka mengklaim bahwa tidak ada blind spot pada kaca spion luar.

Ciri khas New Sail, gril horizontal dengan logo Chevy emas di tengahnya. Tiga garis samping kekar menghasilkan penampilan tiga dimensi. Bagian depan yang pendek dan pegas suspensi belakang yang panjang memberikan penampilan eksterior yang sporty. Bentuknya juga dinilai streamline sehingga membuat penampilan sedan ini dinamis dan aerodinamis. Tersedia warna Crescent Silver, Jasmin White, Sky Blue, Coral Red, Amber Orange, dan Starfish Blue.

“Entertainment” dan keselamatan
Interiornya unik karena menggunakan desain kokpit kembar. Panel kontrol berada di tengah dilengkapi dengan radio, pemutar CD, dan koneksi MP3. Desainer menambahkan sentuhan sporty pada dua layar monitor digital dengan lapisan krom.

New Sail mengadopsi tangki bensin di tengah, suspensi depan dan belakang yang pendek (cenderung ceper), pintu dengan lengkungan untuk memaksimalkan ruang bagi 5 penumpang, dan juga 24 kompartemen di interior.

Tes di China terhadap New Sail melalui China New Car Assessment Program (C-NCAP) menghasilkan lima bintang. Perlengkapan pengaman lain yang disertakan adalah dua kantung udara di depan, setir tipe kolapsibel, ABS, EBD, dan kunci pengaman untuk anak-anak.

Mobil ini telah dites sejauh 2 juta kilometer pada berbagai kondisi cuaca ekstrem panas dan dingin. Untuk memastikan bahwa part mobil ini sesuai dengan standar internasional Chevy, 95 persen komponennya dipasok dari anggota vendor GM global.

Sesuai rencana, New Sail akan diekspor ke negara lain dengan embel-embel kategori “New Value for Money”. Nah, bagaimana kalau mobil ini masuk dari China ke Indonesia dengan fasilitas FTA? Siapa untung dan buntung?

sumber : kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s