80 Juta orang Amerika terserang flu babi

Sebanyak 80 juta orang Amerika telah terserang flu babi H1N1, sebanyak 16.000 telah tewas, dan lebih dari 360.000 dirawat di rumah sakit.

Keterangan Pusat bagi Pencegahan dan Pemantauan Penyakit AS (CDC) dari Washington, pekan lalu, menyebutkan, 90 persen orang yang paling rentan tetap belum diberi vaksin, dan hanya sebanyak 61 juta orang Amerika telah divaksinasi, kata CDC.

Vaksin flu babi masih banyak tersedia, dan lebih dari 130 juta dosis diproduksi dan 160 orang menjadi prioritas utama untuk memperoleh vaksin tersebut.

Wabah itu, yang mulai menyebar pada Maret, mulai mereda tapi para pejabat kesehatan menekankan bahwa influenza tak dapat diramalkan dan dapat muncul lagi atau bermutasi.

Dan virus baru tersebut, meskipun tak merenggut lebih banyak korban jiwa dibandingkan dengan influenza musiman, telah menewaskan orang yang lebih muda dibandingkan dengan yang dilakukan flu musiman.

Sebanyak 90 persen kematian rata-rata setiap tahunan adalah orang yang berusia di atas 65 tahun, sementara 90 persen mereka yang sakit parah atau meninggal akibat virus baru itu jauh lebih muda dan meliputi sebanyak 1.730 anak kecil.

Banyak ahli kesehatan mengatakan vaksinasi sejauh ini adalah cara terbaik untuk memastikan virus itu tidak kembali atau bermutasi jadi bentuk baru yang lebih berbahaya, tapi vaksinasi tersebut berjalan lambat dan masyarakat sekarang ragu mengenai perlunya divaksinasi.

Pemerintah AS berjuang selama berbulan-bulan untuk bekerja sama dengan pembuat vaksin guna melakukan imunisasi. Sekarang, pemerintah berjuang menghabiskan jutaan dosis obat yang telah dibelinya.

“Hingga 2 Januari, sebanyak 20,3 persen populasi AS (61 juta orang) telah divaksinasi, termasuk 27,9 persen dalam kelompok sasaran awal dan 37,5 persen di dalam kelompok vaksin terbatas,” kata CDC dalam laporannya.

“Sebanyak 29,4 persen anak AS yang berusia 6 bulan sampai 18 tahun telah divaksinasi.” CDC menyatakan jumlah itu sama dengan apa yang terlihat pada influenza musiman, yang menewaskan sebanyak 36.000 orang Amerika dan sebanyak 500.000 orang secara global setiap tahun. sumber : warta kota

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s