Ada 4.000 anak Indonesia di penjara

Belum lagi surut segala masalah yang terkait dengan maraknya anak jalanan di kota-kota besar Indonesia, kini terdengar lagi data terbaru yang cukup mengagetkan. Tahukah Anda, hingga saat ini tak kurang dari 4.000 anak Indonesia mendekam di dalam penjara.

Melihat data ini, tak ada pilihan lain kecuali menciptakan sebuah terobosan atas penghukuman dan pembinaan baru bagi para penerus bangsa ini. Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar mengatakan, sebagian dari anak-anak itu bukan pelaku kriminal kambuhan. Sebagian masuk penjara karena kejahatan yang dilakukan akibat kondisi sosial dan ekonomi. Hal ini diungkapkannya saat melakukan kunjungan ke lembaga pemasyarakatan di Sidoarjo, Jumat (22/1/2010).

Menurut dia, Kementerian Hukum dan HAM tengah berupaya mencari terobosan cara penghukuman dan pembinaan. Tidak semua pelaku kejahatan harus masuk penjara. “Kalau kejahatannya ringan, sebenarnya bisa dibina di luar penjara,” ujarnya.

Pihaknya juga sedang mendata penghuni penjara yang sudah berusia lanjut, pengguna narkotika, penderita sakit berat, dan anak-anak. Jika dimungkinkan, mereka akan dikeluarkan dari penjara dan dibina di tempat lain.

sumber : kompas.com

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s