Harga Tata Nano termurah melambung tinggi di Amerika

Tata Nano masih menyandang mobil termurah di dunia dengan harga 2.500 dollar Amerika Serikat (AS) di India. Tapi, ketika mau dijual Negeri Paman Sam harganya akan melambung tinggi mencapai 8.000 dollar AS (skeitar Rp 76 juta) per unit. Kok bisa?

Salah satu anak perusahaan Tata Group di India, Tata Technologies Ltd (TT) memboyong satu unit Nano dalam ajang Detroit Motor Show awal Januari lalu. Tak ada informasi lanjutan, kapan dan berapa harga mobil kecil itu dipasarkan di AS.

Tapi sebelumnya, bos Tata Motors Ratan Tata mengatakan akan ada Nano untuk pasar AS dalam tiga tahun sejak diluncurkan tahun lalu. Di sisi lain, Tata telah menciptakan Nano dengan fitur keselamatan standar untuk pasar Eropa dan akan dipasarkan pada 2011 mendatang.

Pihak TT menyatakan, untuk pasar AS Nano juga akan mengalami penyesuaian harga namun berapa nilainya masih belum mau diberitakan. Warren Harris, selaku pimpinan TT sedikit membocorkan soal harga yang dikatakannya tentu akan lebih tinggi dari 2.500 dollar AS per unit.

“Terdapat perubahan srtuktur yang harus dilakukan, mulai dari segi esmisi dan beberapa fitur keamanan sesuai standar pasar Amerika Utara. Tentunya ini yang membuat harganya menjadi lebih tinggi,” ujar Harris, seperti dikutip detnews.com (21/1/2010).

Peran perusahaan penelitian Tata, salah satunya mencapai standardisasi keamanan mobil AS agar bisa dipasarkan secara global. Beberapa penyesuaian yang akan dilakukan antara lain, mesin 623 cc yang diusung mobil harus memenuhi kadar emisi gas buang yang berlaku di AS. Penambahan fitur airbags, penguatan struktur atap, dan bemper depan yang merupakan standar wajib.

Bagian interior juga akan mendapatkan sentuhan standar keamanan AS terkait kewajiban penumpang dalam mengenakan sabuk pengaman (safety-belt). Meski mengalami lonjakan harga menjadi US$ 8.000 per unit, tapi tetap saja predikat mobil termurah masih dipegang Nano setidaknya di AS. Pasalnya, saat ini harga mobil termurah masih dipegang oleh Hyundai Accent US$9.970 per unit.

sumber : kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s