Amerika Juga Tarik 140.000 Honda Jazz

Satu per satu negara mulai menarik mobil Honda Jazz keluaran tahun 2007-2008. Kini, giliran Amerika Serikat menarik 140.000 unit mobil jenis hatchbacks yang juga dikenal dengan Honda Fit itu.

Seperti diberitakan Associated Press (AP), Sabtu 30 Januari 2010, alasan penarikan itu juga masih sama dengan yang dilakukan di Inggris.

Honda menemukan ada kesalahan produksi di bagian tombol jendela yang jika kemasukan air diduga bisa memicu arus pendek. Akibatnya, menyebabkan kebakaran.

Juru bicara Honda menyebut, penarikan itu juga akan berdampak bagi negara-negara lain. Untuk saat ini, perusahaan memberikan solusi awal bagi pemilik kendaraan terkait.

Perusahaan memberi saran agar para pengendara sudah menaikkan jendela mobil saat musim hujan atau salju tiba.

Sebelumnya, Honda Inggris memutuskan juga menarik seluruh Honda Jazz produksi 2001-2008. Honda menemukan ada kesalahan produksi di bagian tombol jendela yang jika kemasukan air diduga bisa memicu arus pendek dan menyebabkan kebakaran.

Kasus kebakaran ini pada September lalu merenggut nyawa anak berumur dua tahun bernama Vanilla Nurse di Afrika Selatan. Vanilla sedang tidur saat mobil itu terbakar.

Honda Prospect Motor, distributor mobil Honda di Indonesia, belum mengetahui perihal penarikan mobil Jazz atau juga dikenal sebagai Fit di sejumlah negara.

“Biasanya kalau kita terkena, surat sudah sampai sebelum diumumkan,” kata Direktur Pemasaran Honda Prospect Motor, Jonfis, dalam pesan singkat ke VIVAnews, Jumat 29 Januari 2010 malam.

Jonfis menyatakan, penarikan di seluruh dunia tidak biasa dilakukan. “Biasanya tidak begitu,” ujarnya. Hal itu karena produksi mobil tidak terpusat di satu tempat.

Karena itu Jonfis menyatakan, sudah dipastikan Indonesia tidak terkena recall atau penarikan kembali tersebut. “Karena produksinya di Indonesia dan suppliernya berbeda,” ujar Jonfis.

Namun Jonfis meminta konsumen jangan buru-buru panik dulu. “Jika ada informasi lebih lanjut, akan kami beritahu,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s