Stasiun Hidrogen Surya Terbaru dari Honda

Kendati Honda belum bisa memproduksi dan menjual mobil canggih masa depannya, Fuel Cell (FC)X Clarity, salah satu cara mempromosikannya adalah disewakan. Penyewa pun adalah para seleb pencinta lingkungan dari Hollywood dan perusahaan yang menyewakan kepada masyarakat umum.

Untuk memberikan kenyamanan bagi pelanggan atau penyewa mobil tersebut, Honda mulai mengoperasikan prototipe stasiun hidrogen surya (solar hydrogen station), di Pusat Riset dan Pengembangan Honda Amerika, Los Angeles.

Delapan Jam
Dirancang sebagai unit terintegrasi yang dipasang pada garasi pengguna mobil dengan ukuranlebih kecil. Stasiun hidrogen surya terbaru Honda ini untuk sementara baru bisa menghasilkan 0,5 kg hidrogen dengan waktu pengisian 8 jam. Menurut Honda, hidrogen sejumlah itu sudah cukup buat operasional harian mobil listrik di dalam kota atau dalam setahun mobil hanya digunakan 160.000 km.

Sistem stasiun hidrogen ini sebelumnya membutuhkan dua elektroliser dan unit kompresor terpisah untuk menghasilkan hidrogen tekanan tinggi. Kompresor merupakan komponen paling mahal dari sistem pengisian ini karena ukuran besar dan efisiensinya rendah.

Buat Rumah
Kini, dengan elektroliser yang bisa menghasilkan tekanan dengan perbedaan tinggi, para insinyur Honda tak lagi memerlukan kompresor. Dengan ini, bisa diciptakan sistem sederhana buat penggunaan di rumah.

Ditambahkan, inovasi terbaru mampu mengurangi ukuran komponen lain sehingga menjadikannya sebagai stasiun pengisian hidrogen paling kompak di dunia. Kelebihan lainnya, efisiensi kerja sistem 25 persen (nilai dihitung berdasarkan simulasi) lebih baik dibandingkan sistem generasi pertama.

Stasiun baru juga kompatibel dengan sistem energi “Smart Grid”. Dengan demikian, memungkinkan mengisi ulang pada malam hari tanpa harus menggunakan penyimpan hidrogen. Emisi CO2 juga bisa diturunkan karena pembakit tenga yang digunakan biaya lebih murah.

Pada siang hari dengan energi yang dihasilkan penuh, stasiun baru ini bisa mengekspor listrik yang dihasilkan untuk disimpan pada grid.

Stasiun baru ini dirancang sebagai contoh dengan penggunaan makin gampang, tata letak sistem yang pas sehingga slang mudah diangkat dan dipindahkan. Slang juga tidak berbelit-belit ketika ditaruh kembali ke unit dispenser.

Dijelaskan pula, pada prototipe stasiun ini, Honda menggunakan 48-panel yang dapat menghasilkan energi 6,0 kW. Panel-apnel tersebut terdiri dari sel surya tipis yang dibuat dari tembaga, indium, galium dan solenium (CIGS) hasil pengembangan Honda Soltec Co.

Pengisian Cepat
Honda juga menggembangkan stasiun hidrogen surya untuk umum dengan pengisian cepat. Dalam hal ini dicontohkan, waktu pengisian hanya 5 menit namun bisa bisa digunakan untuk menempuh jarak hampir 400 km.

Kendati demikian, pengisian yang dinilai lebih oke, pada malam hari di rumah dengan menggunakan koneksi Smart Grid. Hasilnya, energi yang disampan Honda FCX Clarity bisa buat menempuh perjalanan akhir pekan.

sumber : kompas.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s