Saingan Alphard Meluncur Bulan Ini

PT Mercedes Benz Indonesia (MBI) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) mobil Mercy akan meluncurkan varian Viano di Indonesia. Mobil multi purpose vehicle (MPV) luxury tersebut diperkirakan akan dilepas ke pasar pada akhir Februari 2010. “Mercy membidik pasar MPV karena permintaan di Indonesia cukup tinggi,” kata Direktur Jenderal Industri Alat Transportasi dan Telematika Kementerian Perindustrian Budi Darmadi di sela-sela Rapat Anggota Gaikindo di Jakarta, Senin, 15 Februari 2010.

Tak hanya melepas ke pasaran, Mercedes juga akan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi. Saat ini, Mercedes telah memproduksi varian C-Class, E-Class, S-Class, dan bus.

Masuknya Viano dalam kue pasar MPV di Indonesia, akan menambah persaingan ketat dengan segmen serupa seperti Toyota Alphard, Hyundai H-1, Nissan Elgran, dan Honda Eleanor. Mobil ini diperkirakan akan dibandrol pada harga Rp 1,1 hingga 1,2 miliar per unit.

Ketua Umum Gaikindo Bambang Trisulo menyatakan, pasar MPV akan terus meningkat. Untuk pemain otomotif asal Eropa ini, dia mengakui, telah jauh-jauh hari mempelajari pasar MPV di Indonesia.

“Sudah sejak tahun lalu Mercedes melakukan sounding (penjajakan), sedangkan persiapannya paling tidak butuh setahun,” kata Bambang.

Dalam keterangan tertulisnya, PT Mercedes Benz Indonesia menyatakan akan meluncurkan 15 produk/varian baru pada tahun 2010, antara lain Luxury MPV V350.

Sementara untuk segmen kendaraan niaga, Mercedes siap meluncurkan 2 bus model baru, yakni OH 1526 dan OH 1521 dengan standar emisi Euro 3, meluncurkan varian mobil van dimana studi kelayakan produksi dalam negeri untuk Sprinter dan beberapa varian dari luxury MPV, serta segmen-segmen baru bisnis truk.

sumber : vivanews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s