Barack Obama: Chevrolet Cruze “Car of Future”

Chevrolet Cruze diluncurkan hampir bersamaan dengan kedatangan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Indonesia. General Motors Autoworld Indonesia atau GMAI telah memastikan peluncuran sedan kompak yang di Indonesia termasuk dalam kategori medium ini pada Maret mendatang. Adapun Presiden Barack Obama datang ke Indonesia pada minggu ketiga bulan depan.

GM menilai Cruze sebagai ujung tombak perubahan filosofi mereka dalam membuat mobil, yang dimulai pada awal 2010. Karena itulah banyak nilai baru yang membawa perubahan secara revolusioner di mobil ini, terutama untuk pasar Amerika Serikat.

Sebagai contoh, bila di Indonesia GM menawarkan Cruze dengan mesin Ecotech 1,8 liter, di negara asalnya, Amerika Serikat, Cruze menggunakan mesin 1,4 liter yang dilengkapi pemacu udara atau turbocharger. Hasilnya, mesin ini tentu saja jauh lebih efisien. Menurut GM, konsumsi bahan bakarnya 17,0 km per liter.

Sementara itu, menurut rilis GM kemarin, Presiden Barack Obama menilai Chevrolet Cruze sebagai “Car of Future” karena, selain menjadi produk global GM, Cruze diharapkan bisa melawan mobil Jepang dan Jerman yang selama ini berukuran kompak, irit konsumsi bahan bakar, dan ramah lingkungan.

60 negara. Sejak pertama kali diperkenalkan pada Detroit Motor Show tahun 2009, Cruze telah diluncurkan di 60 negara. Penjualan internasionalnya sudah mencapai sekitar 100.000 unit. Keberhasilan tersebutlah yang membuat Obama menilai Cruze sebagai mobil masa depan.

“Cruze telah melanglang ke Eropa dan Asia, berikutnya ke Amerika Serikat, untuk meruntuhkan status quo,” kata Jim Campell, GM Chevrolet. “Ini merupakan wujud nyata usaha Chevrolet dalam membuat mobil yang makin efisien dan ramah lingkungan,” tambahnya.

Kemampuan mesin Ecotech 1,4 liter turbocharger lebih baik dari saudaranya yang berkapasitas lebih besar, tetapi tanpa turbo. Tenaga dan torsi lebih besar. Namun, tenaga diperoleh pada putaran lebih rendah dan hal ini tentu membuatnya lebih efisien alias irit bahan bakar! Wajar dibanggakan! sumber : kompas.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s