181 WNI di Chile Selamat

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI memastikan bahwa Warga Negara Indonesia (WNI) di Chile selamat, setelah negara itu dihantam gempa berkekuatan 8,8 Skala Richter, Sabtu (27/2).

“Kemlu tadi pagi (Minggu pagi) akhirnya bisa berkomunikasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Chile. Menurut data yang ada semua WNI yang ada di sana dalam kondisi selamat,” kata Juru bicara Kemlu RI, Teuku Faizasyah, di Jakarta, Minggu (28/2).

Ia mengatakan, jumlah WNI di negara tersebut berjumlah 181 orang. Selain itu, 15 WNI yang diketahui sedang menjadi turis di sana, juga dalam kondisi selamat. “Mereka yang menjadi turis juga diberitakan selamat karena mereka berada di hotel dan sebagian besar ada di Ibu Kota Santiago,” katanya.

Gempa berkekuatan 8,8 pada Skala Richter yang mengguncang Chile Sabtu siang WIB itu menewaskan sedikitnya 214 orang.

Data terbaru tentang jumlah korban gempa dahsyat yang mendorong sejumlah negara di Pasifik mengeluarkan peringatan ancaman tsunami itu disampaikan Kementerian Dalam Negeri Chile.

Gempa yang terjadi sekitar Pukul 03.34 waktu setempat atau 13.34 WIB itu merusak sejumlah bangunan di ibu kota Santiago dan memutus aliran telepon dan listrik di beberapa bagian negara itu.

Seorang warga Chile bahkan menggambarkan gempa berkekuatan 8,8 pada Skala Richter itu seperti “kiamat”.

Badan Survei Geologi AS (USGS) mengatakan pusat gempa itu terletak di 90 kilometer sebelah utara kota Concepcion, Chili selatan-tengah, dengan kedalaman 35 kilometer.

sumber : wartakotalive.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s