Akses Bagi Perlindungan Anak Dibatalkan, Facebook Dipanggil

Setelah akses tombol maya ke lembaga perlindungan anak dibatalkan, pemilik situs jejaring sosial Facebook direncanakan dipanggil Pemerintah Inggris. Demikian rilis BBC, Kamis (18/3). Dalam rilis disebutkan perwakilan Facebook akan bertemu dengan Departemen Luar Negeri Inggris untuk menjelaskan keputusan tidak menginstal ke tombol bahaya milik kepolisian setempat kedalam situs.

Beberapa pihak berharap Menteri Luar Negeri Alan Johnson dapat memaksa perusahaan situs jejaring sosial menginstal teknologi yang dioperasikan Pusat Perlindungan Internet dan Eksploitasi Anak atau (CEOP) Inggris. Hingga saat ini, Facebook, menolak permintaan tampilan CEOP, karena menganggap sistem pelaporan kejahatan seksual ke pihak kepolisian telah berjalan dengan baik.

Situs pertemanan dunia itu juga mengklaim selama ini telah bekerjasama dengan berbagai organisasi penegak hukum guna memberikan kenyamanan bagi pengguna. Namun, masyarakat pengguna mengharapkan jejaring situs mendunia tersebut dapat berbuat lebih banyak. Sehingga tindakan kriminal, termasuk pelecehan sosial oleh pedofilia dapat dilaporkan segera.

Permintaan pemasangan tombol CEOP terhadap Facebook juga disebabkan terungkapnya kasus pembunuhan Ashleigh Hall, 17 tahun, yang diposting di situs tersebut. Peter Chapman diduga membunuh setelah melakukan seks menyimpang dengan Hall, dan ia juga  diduga memposting gambar porno lelaki belasan tahun ke beberapa situs internet.

Menurut catatan, CEOP menerima keluhan pengguna sebanyak 267 laporan selama 2009, dan 43 persennya merupakan kasus kejahatan  yang meningkat. Sementara itu beberapa situs jejaring sosial, seperti: Bebo dan MSN telah memasang tombol CEOP. sumber : liputan 6

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s