LIPI Menciptakan Mobil Hybrid dan Listrik

Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Kamis (18/3), memperkenalkan dua kendaraan hasil rekayasa mereka, yaitu mobil hybrid dan mobil elelktrik. Kepala Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik Adi Santoso MSc, kepada pers mengatakan, atas dasar pemikiran bahwa transportasi adalah ujung tombak perekonomian masyarakat maka mereka menciptakan mobil hybrid yang hemat energi.

“Mobil hybrid ini merupakan kendaraan yang menggunakan teknologi mobil listrik dikombinasikan dengan mobil generator dan baterai,” kata Adi Santoso.
Selain mobil hybrid berwarna hitam yang mungil, LIPI juga menunjukkan sebuah mobil Toyota Kijang yang semua mesinnya diganti dengan mesin elektrik.

“Kami memanfaatkan anggaran yang terbatas dengan menggunakan mobil-mobil lama yang seluruh mesinnya diganti dengan mesin listrik temuan kami,” ujar Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI Dr Syahrul Aiman. Syahrul menyatakan, saat ini masih banyak mobil-mobil tua yang digunakan masyarakat, dan untuk memperbaruinya bisa diganti dengan mesin rekayasa LIPI.

Menurut Kepala Bidang Peralatan pada pusat penelitian itu, Andul Hapid, kekurangan untuk mobil listrik ituadalah pada berat baterainya yang mencapai 450 Kg.
Namun begitu, kata Syahrul, yang terpenting dalam isu mobil hybrid dan listrik LIPI ini adalah kenyataan bahwa pada masa depan penggunaan bahan bakar minyak akan semakin dibatasi, dan LIPI sudah bisa menghasilkan kendaraan berbahan bakar non-minyak. Selain itu mobil hybrid bebas polusi, biaya oprasional dan perawatan murah.

sumber : liputan 6

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s