NSN: iPad Bakal Matikan Netbook

Seperti halnya iPod dan iPhone, kemunculan iPad diprediksi bakal berpengaruh besar terhadap sejarah perangkat elektronik dunia.

Menurut Henrik Brogaard, Head of Network Systems Sales, Nokia Siemens Network Indonesia, iPad bakal menggeser peran komputer portabel menggantikan perannya dalam beberapa tahun ke depan.

“Saya pikir, karena munculnya iPad, keberadaan netbook akan hilang dua atau tiga tahun mendatang,” kata Henrik Kamis 1 April 2010.

Menurutnya, ipad sendiri lebih merupakan mobile handheld ketimbang perangkat komputer. “Bagi saya, iPad adalah ponsel yang berukuran  besar,” kata Henrik.

Ponsel cerdas juga mengalami peningkatan pertumbuhan yang signifikan, sehingga pertumbuhan itu juga akan menyebabkan melonjaknya konsumsi data. di seluruh dunia.

Pada 2009 dan 2010, trafik internet yang berasal dari mobile handheld masih berkisar pada angka nol koma sekian persen dari jumlah total trafik data di seluruh dunia.

Namun di 2015 nanti, trafik data dari mobile handset sudah berhasil mengambil porsi hingga hampir 50 persen dari total seluruh trafik mobile dan laptop, yang besarnya sekitar 23 exabita.

“Walaupun mobile laptop masih terus tumbuh, namun pertumbuhan lewat ponsel akan lebih besar,” Henrik menjelaskan. Menurut dia, smart phone telah merubah kebiasaan orang dalam terhubung ke internet.

Dulu sangat jarang orang yang akan mengakses internet lewat ponsel. Tapi sekarang banyak orang Indonesia yang mengupdate Facebook lewat ponselnya.

Di Indonesia, smartphone juga mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Menurut Hastings Singh, Distribution Regional Director, RIM Asia-Pacific, pertumbuhan smartphone di Indonesia tahun lalu mencapai 9 persen meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 4 persen.

Pertumbuhan itu juga diiringi dengan meningkatnya konsumsi data pelanggan operator-operator telekomunikasi yang mencapai pertumbuhan sebesar 426 persen.

Di saat yang sama, konsumsi voice justru anjlok dengan pertumbuhan minus. RIM memperkirakan, pertumbuhan smartphone di Indonesia bakal terus meningkat hingga 16 persen pada 2012.

• VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s