Steve Jobs: Adobe Flash Tak Dibutuhkan Lagi

Setelah dikritik oleh berbagai pihak karena memblokir teknologi Flash pada komputer tablet iPad, akhirnya pendiri sekaligus bos Apple, Steve Jobs, angkat bicara.

Lewat pernyataan tertulis di situs Apple, Steve Jobs menjelaskan mengapa dirinya tak membiarkan teknologi Flash bisa bekerja pada produk-produknya, sekaligus menegaskan bahwa teknologi Flash tak diperlukan lagi.

Jobs berkali-kali menekankan bahwa Flash bukanlah teknologi terbuka, melainkan teknologi proprietari. “Walaupun sistem operasi iPhone, iPod, dan iPad adalah proprietari, kami sangat yakin bahwa semua standar yang menyangkut web, haruslah terbuka,” kata Jobs.

Daripada menggunakan Flash, Jobs melanjutkan, Apple lebih memilih untuk mengadopsi teknologi yang semuanya adalah standar terbuka:HTML5, CSS, dan Java Script.

Menurut Jobs, Flash juga sangat menguras baterai perangkat mobile. Bila memutar video berformat H.264, iPhone bisa bertahan hingga 10 jam. Sementara bila memutar video berformat flash, iPhone cuma tahan 5 jam saja.

Flash dinilainya juga memiliki masalah reliabilitas dan keamanan. Jobs mengutip temuan perusahaan keamanan komputer Symantec yang baru-baru ini menjuluki Flash sebagai aplikasi yang memiliki rekaman keamanan terburuk sepanjang 2009.

“Kita juga tahu persis bahwa Flash adalah penyebab utama kenapa komputer-komputer Mac bisa crash. Kami tidak ingin mengurangi kehandalan dan keamanan iPhone, iPod, dan iPad dengan menambahkan teknologi Flash,” kata Jobs.

Tak hanya itu, Jobs juga mengatakan, bahwa Flash tidak didesain untuk komputer yang menggunakan antarmuka multisentuhan jari. Flash didesain untuk penggunaan mouse di komputer. Oleh karenanya situs-situs Flash bergantung kepada fitur-fitur seperti ‘rollover’.

Yang terpenting, kata Jobs, Apple tak ingin ada pihak ketiga yang menyediakan lapisan penghubung software antara platform milik Apple dengan pengembang. Karena hal itu diyakininya justru akan menghambat pengembangan platform.

Banyaknya pengembang yang menawarkan konten mereka kepada perangkat mobile Apple menunjukkan bahwa Flash tak lagi diperlukan untuk menonton video atau mengkonsumsi konten web apapun. “Ke depan, mungkin Adobe harus lebih fokus untuk membuat tool HTML5 yang baik, ketimbang mengkritisi Apple,” kata Jobs. (jon)

• VIVAnews

Diterbitkan oleh krishnabalagita

My name is Krishna, I'm a musician from Indonesia...

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: