Toyota Uji Coba Prius Terbaru di China

Toyota Motor Corp akan melakukan uji coba sebelum peluncuran kendaraan plug-in hybrid di China seperti disampaikan Takeshi Uchiyamada, executive vice president Toyota di Beijing Motor Show, beberapa waktu lalu. Sayangnya, tanggal pastinya belum diumumkan. Toyota hanya mengumumkan akan dilakukan secepatnya.

Plug-in Hybrid Vehicle adalah mobil hybrid yang memiliki motor listrik dengan daya jelajah lebih jauh dibandingkan hybrid biasa. Toyota mengembangkan kendaran ini berbasis Toyota Prius. Dibandingkan Prius reguler, plug-in hybrid bisa di-charge dengan listrik dari rumah dan memiliki baterai yang lebih banyak. Dengan kata lain, energi yang listrik yang disimpan bisa lebih banyak.

Seperti dikutip dari situs Toyota, Rabu 28 April 2010, saat ini Toyota sedang melakukan pengujian plug-in hybrid vehicle di seluruh dunia. Sebanyak 150 unit plug-in hybrid vehicle di tes di Amerika Serikat dan jumlah yang sama masing-masing di Eropa dan Jepang. Pengujian ini untuk mendapatkan data dan masukan dari penggunaan mesin mobil ini di alam sesungguhnya.

Pengujian melibatkan pihak lain seperti perguruan tinggi atau lembaga riset. Efek sampingnya, pengujian ini juga membantu mendorong pertumbuhan jaringan infrastruktur isi ulang listrik.

China menjadi salah satu pasar terpenting Toyota dengan pertumbuhan dua digit. Tahun lalu, Toyota menjual 709,000 unit, naik 21 persen dari tahun sebelumnya. Tahun ini, Toyota menargetkan pertumbuhan di China sebesar 13 persen menjadi 800.000 unit. Namun penjualan dalam dua bulan pertama tahun ini tumbuh 43 persen menjadi 117.000 unit.

China kini menjadi negara dengan pasar otomotif terbesar di dunia menggeser Amerika Serikat. Karena itu, pemerintah China mulai memperketat regulasi emisi.

Sementara itu, President of Toyota Motor Investment Co (Toyota China) Masahiro Kato mengatakan, pihaknya sedang mempertimbangkan mobil berukuran kecil, berharga murah untuk dipasarkan di China. Diharapkan mobil ini sudah bisa dipasarkan lima tahun yang akan datang. (hs)• VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s