Smartphone Layar Sentuh Masih Nomor Satu

Secara global, ponsel pintar (smartphone) berteknologi layar sentuh jauh lebih digemari ketimbang smartphone dengan keyboard Qwerty atau keypad konvensional 12-tombol.
Preferensi tersebut terungkap dari hasil penelitian yang dilakukan oleh lembaga riset Canalys per kuartal pertama 2010, yang dikutip VIVAnews dari laman GSM Arena, Senin 10 Mei 2010.

Pada laporan tersebut, diketahui jumlah smartphone yang beredar secara global telah menyentuh 55,2 juta unit, tumbuh signifikan sebesar 66,9 persen dari 33 juta unit pada 2009.

Dari 55,2 juta unit smartphone yang terjual, diketahui bahwa 59,1 persen di antaranya adalah ponsel layar sentuh, atau sekitar 32,6 juta unit. Angka ini melonjak 187 persen dari 11,3 juta unit di periode sama pada tahun sebelumnya.

Di bawah ponsel layar sentuh, menyusul ponsel dengan input type keyboard Qwerty dengan 27,3 pangsa pasar, atau sekitar 15 juta unit. Pencapaian ini tumbuh 60,6 persen dibandingkan kuartal pertama tahun lalu, yang hanya mencapai 9,3 juta unit di pasar.

Pangsa pasar untuk ponsel keypad biasa atau 12-tombol justru turun secara dramatis sebesar 39,2 persen dari 12,3 juta unit tahun lalu menjadi 7,4 juta unit tahun ini. Kini, ponsel keypad hanya merengkuh 13,5 pangsa pasar secara global. (art)

• VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s