Ada Calon Walikota Miliki Harta Rp200 Miliar

Harta kekayaan salah satu calon wali kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Rusdiansyah, mencapai Rp200 miliar lebih. Ini berarti sekitar 28 kali lipat dari harta kekayaan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang terakhir melaporkan memiliki kekayaan senilai Rp 7,144 miliar.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru, Fitriyadi mengatakan, nilai harta Rusdiansyah itu didasarkan pada laporan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang mereka terima pada tanggal 14 Mei 2010.

Angka pasti kekayaan Rusdiansyah adalah Rp200.795.950.000,-. “Terdiri dari harta tidak bergerak, harta bergerak, surat berharga, giro dan setara kas lainnya serta piutang,” ujarnya.

Harta dengan nilai terbesar adalah tanah seluas 20 ribu hektare yang terletak di Kabupaten Tanah Laut, masih di Kalimantan Selatan, dengan nilai jual objek pajak mencapai Rp200 miliar lebih.

“Informasi yang kami terima, itu merupakan tanah warisan sejak tahun 1975,” katanya seperti yang dilansir tvOne, Selasa, 18 Mei 2010.

Laporan harta kekayaan calon wali kota dan wakil wali kota Banjarbaru didasarkan pada hasil verifikasi KPK pada Maret-April 2010, terhitung sejak pasangan calon menyerahkan daftar kekayaan sebagai salah satu syarat maju mencalonkan diri dalam pemilihan kepala daerah Banjarbaru periode 2010-2015.

Saat dikonfirmasi, Rusdiansyah membenarkannya. “Tanah itu adalah warisan orang tua saya dan sesuai NJOP yang berlaku saat ini sebesar Rp1.000 per meter dikalikan luas tanah 20 ribu hektar, maka totalnya mencapai Rp200 miliar,” katanya.

Dijelaskannya tanah yang berlokasi di Desa Asam-Asam Kecamatan Jorong Kabupaten Tanah Laut itu masih berupa tanah kosong. Dulu, ini merupakan kawasan hutan pekat (rotan). Nilainya dipastikan semakin tinggi apabila di dalamnya terkandung batu bara.

“Bisa mencapai triliun rupiah, tapi kami belum tahu apakah ada kandungan batu bara atau tidak,” kata Rusdiansyah. (kd) • VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s