Lenovo IdeaPad Y460 Review

Lenovo kembali menghadirkan jajaran notebook IdeaPad yang ditujukan untuk segmen pengguna multimedia. Segmen ini merupakan segmen pengguna yang membutuhkan produk dengan kinerja baik pada resolusi definisi tinggi.

Salah satu produk yang dihadirkan adalah IdeaPad Y460. Seperti diketahui, lini produk seri Y dari Lenovo merupakan laptop yang dilengkapi layar lebar untuk memenuhi kebutuhan multimedia dan gaming bagi penggunanya.

Desain dan Spesifikasi
Lenovo IdeaPad menggunakan layar glossy LED-backlit 14 inci dengan aspect ratio 16:9. Kamera video 1,3 megapixel, dan microphone dan speaker output bermanfaat bagi yang ingin melakukan telekonferensi. Adapun pecinta video definisi tinggi dimanjakan dengan JBL stereo speaker yang tersedia.

Sebagai produk baru, IdeaPad Y460 sudah mengusung prosesor terbaru yakni Intel Core i5 agar multimedia bisa dijalankan dengan mulus. Berikut ini spesifikasi teknis Lenovo IdeaPad Y460 yang kami coba kali ini.

Prosesor Core i5-520M, 3MB cache, 2,4GHz
Chipset Mobile Intel HM55 Express
Memori DDR3 4GB
VGA Intel GMA 4500MHD, AMD Radeon HD 5650
Layar 14 inci Glossy, LED backlit up to 1366×768
Harddisk 320GB, 2,5” SATA 5400rpm
Sound/speaker Realtek ALC272/JBL Stereo Speaker
Drive optik DVD Multi 8x
Baterai 6 cell, 5200 mAh
Konektivitas WiFi Wireless N, Gigabit LAN, Bluetooth 2.1
Port eksternal USB, eSATA, VGA, HDMI, Audio, SPDIF Out, Express Card, 6 in 1 card reader
Dimensi 34 x 23,5 x 2,06 – 3,3 cm
Bobot 2,2Kg (dengan baterai 6 cell)
Sistem operasi Windows 7 Home Premium
Garansi 1 tah

Fitur multimedia lengkap sendiri bukan berarti notebook ini tidak efisien jika digunakan untuk bepergian. Demi menghemat penggunaan baterai, Lenovo menyediakan switchable graphics. Apa maksudnya?

Dengan switchable graphics, pengguna bisa beralih antara menggunakan grafis terintegrasi yakni Intel Graphics Media Accelerator 4500 MHD saat di perjalanan atau Radeon HD 5000 series yang tertanam ketika menggunakan notebook di dekat sumber jala-jala listrik.

Peralihan grafis sendiri bisa dilakukan secara langsung, tanpa perlu restart. Syaratnya, seluruh aplikasi yang sedang berjalan di sistem operasi ditutup terlebih dahulu.

Fitur

Untuk mempercepat loading sistem operasi, Lenovo menerapkan apa yang disebut sebagai teknologi Enhanced Experience RapidDrive. Metode optimalisasi penyimpanan di harddisk ini diklaim mampu menghasilkan kinerja 66,6 persen lebih cepat saat memulai program dan mengopikan file.

Pada bagian atas keyboard, Lenovo juga menempatkan slide bar touch-sensitive yang gunanya untuk memudahkan navigasi berbagai aplikasi di komputer.

Di sisi kiri notebook, tersedia port VGA, HDMI, Audio, LAN, dan USB. Di sebelah kanan, terdapat port eSATA dan satu port USB. Yang menarik, port USB yang tersedia didesain sedemikian rupa hingga akan menjepit erat perangkat USB yang ditancapkan di sana.

Pada layar, terdapat sensor yang disebut Ambient Light Sensor. Gunanya, layar bisa mengatur tingkat kecerahan tampilan secara otomatis, berdasarkan jarak pengguna dengan layar.

Untuk pengamanan, seperti biasa, fasilitas VeriFace disediakan. Artinya, pengguna tidak perlu mengetikkan password ketika akan login ke Windows. Cukup setor muka, lalu tergantung kondisi cahaya ataupun posisi wajah, kamera juga hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 detik untuk melakukan pemindaian.

Sebagai bundel, di dalam Windows 7 Home Premium yang disertakan, Lenovo menginstalasikan software-software seperti Media Show, Adobe Reader, Lenovo SlideNav, CyberLink Youcam, Lenovo ReadyComm, CyberLink Power2Go, Lenovo DirectShare, Lenovo OneKey Recovery, Windows Live Essentials, Lenovo Energy Management. Microsoft Office 2007 (trial 60 hari) dan McAfee VirusScan Plus 2009 (trial 60 hari) juga tersedia.

Uji Kinerja
Saat kami coba untuk memainkan game 3D dengan resolusi 1366×768, notebook dapat memutarnya dengan mulus tanpa hambatan. Baterai 6 cell yang terpasang bisa memasok daya hingga 1 jam 15 menit.

Ketika digunakan untuk menonton video high definition, baterai mampu bertahan hingga 1 jam 30 menit. Adapun jika digunakan untuk bekerja seperti menjelajah internet, menjalankan aplikasi Office, email, dan instant messenger via koneksi Wi-Fi secara multi tasking, baterai mampu mensuplai listrik selama 1 jam 40 menit.

Sayangnya, ketika dalam modus multimedia definisi tinggi tersebut, suhu yang dikeluarkan oleh chip prosesor dan grafis relatif tinggi. Meski demikian, panas dapat disalurkan dengan baik lewat ventilasi yang tersedia.

Jika dalam modus hemat energi, menggunakan grafis terintegrasi milik Intel, baterai yang membutuhkan waktu sekitar 2 jam 30 menit untuk terisi penuh tersebut mampu memasok daya hingga sekitar 3 jam 30 menit. Tergantung aplikasi dan pekerjaan apa yang dilakukan dengan notebook.

Di Indonesia, IdeaPad Y460 sudah tersedia lewat jalur distribusi Lenovo pada harga kisaran mulai dari 900 dolar AS untuk versi Core i3 dan mulai dari 1050 dolar untuk versi Core i5 tergantung spesifikasi yang digunakan. Adapun garansi selama 1 tahun disediakan oleh produsen bagi pemilik notebook ini.

Kelebihan:
– Kinerja multimedia sangat baik
– Perangkat USB tertancap rapat

Kekurangan:
– Masa aktif baterai relatif singkat
– Prosesor dan VGA kelas atas menghadirkan suhu tinggi

• VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s