Android Tumbangkan Windows

POPULER, Pengguna mengoperasikan smartphone Nexus One produksi Google Inc yang menggunakan sistem operasi Android di Mountain View, Amerika Serikat.

GOOGLEdan Apple menjadi pemenang utama di pasar smartphoneglobal pada kuartal pertama 2010. Pertarungan Google melawan Apple pun diperkirakan segera melebar ke pasar PC tablet. Sistem operasi Windows produksi Microsoft Corp memang masih dominan di pasar PC (personal computer) global dengan pangsa pasar sekitar 80%.Namun demikian,posisi Windows di pasar smartphone global ternyata semakin terjepit.

Firma riset Gartner Inc mengungkapkan, peringkat Windows di pasar sistem operasi smartphone global pada kuartal pertama (Januari- Maret) 2010 merosot ke urutan lima karena digusur oleh Android, sistem operasi smartphone produksi Google Inc. “Pertama dalam sejarah, Android mampu menduduki peringkat terbesar keempat di dunia,dan menggusur Windows.

Momentum Android terus menanjak pada kuartal pertama 2010, terutama di wilayah Amerika Utara (Amerika Serikat dan Kanada),” tutur Research Vice President Gartner Inc Carolina Milanesi. Dibandingkan Microsoft, yang telah merilis sistem operasi smartphone sejak 2003, Google adalah pendatang baru karena Google baru merilis Android pada 2008. Namun demikian,konsumen ternyata lebih menyukai Android daripada Windows.

Gartner menjelaskan, Windows masih menguasai pangsa 10,2% di pasar smartphone global pada kuartal pertama 2009. Pada periode yang sama,Android baru menguasai pangsa pasar global 1,6%. Satu tahun berselang, posisi Android terus menguat, sedangkan Windows terus melemah. Karena itu, Gartner menegaskan, pada kuartal pertama 2010 pangsa Android di pasar smartphone global melonjak menjadi 9,6%, sedangkan pangsa pasar global Windows menyusut menjadi hanya 6,8%.

Akibatnya,Windowspuntidak mampu mempertahankan peringkatnya dan direbut oleh Android. Popularitas Android meningkat lebih cepat daripada Windows karena Android mendapatkan dukungan lebih besar dari para produsen handset,operator seluler,dan ekosistem pengembang software. Konsumen pun lebih menyukai Android karena Android lebih mudah digunakan daripada Windows.

Pada Februari 2010, Chief Executive Officer Google Inc Eric Schmidt mengungkapkan, volume penjualan smartphone bersistem operasi Android di dunia mencapai 60.000 unit per hari.Pada saat itu, Android digunakan pada 26 jenis smartphone. Beberapa bulan berselang, volume penjualan global smartphone Android ternyata bertumbuh semakin cepat. Schmidt mengungkapkan, pada Mei 2010 Android sudah digunakan pada 34 jenis smartphone dan penjualan global smartphone Android mencapai 65.000 unit per hari.

“Mitra kami menjual sekitar 65.000 unit smartphoneAndroid per hari.Tapi ini angka yang pesimistis. Jika dicek lebih detail, volume penjualan global smartphone Androidpadasetiapharisesungguhnya lebih tinggi daripada 65.000 unit,” ujar Schmidt dalam laporan AFP. Namun demikian, Gartner mencatat,Google bukan satu-satunya produsen sistem operasi yang meraih sukses besar di pasar smartphoneglobal pada kuartal pertama 2010.

Sebab,Gartner menemukan, Apple Inc mampu meningkatkan pangsa pasar iPhone OS menjadi 15,4% pada kuartal pertama 2010, dari 10,5% pada kuartal pertama 2009. Berdasarkan data Gartner, sistem operasi Symbian dari Nokia Corp memang masih mendominasi pasar smartphoneglobal pada kuartal pertama 2010.

Namun demikian, pangsa pasar global Symbian pada kuartal pertama 2010 turun menjadi 44,3%, dari 48,8% pada kuartal pertama 2009. Serupa dengan Symbian, sistem operasi BlackBerry OS produksi Research In Motion (RIM) Ltd juga mampu mempertahankan peringkat pada kuartal pertama 2010.

Tetapi,Gartner menemukan, pangsa pasar BlackBerry OS pada kuartal pertama 2010 turun menjadi 19,4%, dari 20,6% pada kuartal pertama 2009. Gartner menilai, pangsa pasar Symbian, BlackBerry OS, dan Windows turun karena direbut oleh iPhone OS dan Android. Gartner mencermati pula, pertarungan Google melawan Apple tidak akan terbatas hanya di pasar smartphone.

Sebab, Google pun berambisi memperluas penggunaan Android setelah meraih sukses besar di pasar smartphone. Gartner menilai, pada saat ini Google sedang bekerja keras untuk menanam Android ke dalam PC tablet.Tujuan Google tidak lain adalah untuk menggempur iPad produksi Apple. “Pertarungan Google melawan Apple melebar keluar dari pasar smartphone.

PC tablet adalah medan pertempuran berikutnya,” papar Principal Research Analyst Gartner Inc Roberta Cozza. Google akan menjadi lawan berat Apple di pasar PC tablet karena Google sangat serius membangun PC tablet.Terbukti, Google menempuh langkah yang sama dengan Apple agar mampu membangun PC tablet sekelas iPad.

Guna membangun iPad,Apple menggunakan prosesor khusus bernama A4, yang dirancang oleh PA Semi Inc,yang diakuisisi Apple pada 2008.Google tidak mau kalah. Karena itu,Google pun mengakuisisi Agnilux Inc pada bulan silam. (ahmad fauzi) koran sindo

Diterbitkan oleh krishnabalagita

My name is Krishna, I'm a musician from Indonesia...

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: