VMware, Google Kembangkan Komputasi Awan

VMware Inc, salah satu penyedia solusi virtualisasi ternama, mengumumkan kemitraannya dengan raksasa mesin pencari terbesar di dunia Google. Kolaborasi ini berlangsung di bidang pengembangan peranti lunak enterprise sekaligus mendorong adopsi komputasi awan (cloud computing).

Dengan adanya kerja sama ini, pengembang piranti lunak enterprise akan lebih mudah dalam membangun, memasang, dan mengelola aplikasi pada lingkungan komputasi awan, baik dalam lingkup privat, publik, atau hibrid.

“Perusahaan terus mencari cara untuk mendorong transformasi ke arah komputasi awan. Mereka jelas tertarik dengan manfaat ekonomi dari komputasi awan itu, namun mereka semakin fokus mencari cara bagaimana membuat bisnis semakin lincah dan inovatif seperti yang dijanjikan komputasi awan,” kata Paul Maritz, President dan CEO VMware Inc.

“VMware dan Google sejalan untuk memastikan bahwa pilihan dan portabilitas adalah hal yang paling penting bagi para pelanggan kami dan komunitas Java. Karena itu, kami menjamin bahwa aplikasi modern bisa berjalan dengan mulus di dalam firewall datacenter perusahaan ataupun di lingkungan awan publik,” jelasnya.

Kolaborasi VMware dan Google berlangsung di banyak bidang. Proyek-proyek tersebut memungkinkan pengembang Java membangun aplikasi Web yang kaya, menggunakan peranti dari Google dan VMware di atas aplikasi cloud, dan menggelar aplikasi Spring Java di atas Google App Engine.

“Saat ini, para pengembang mencari cara yang lebih cepat untuk membuat dan menjalankan aplikasi web, sedangkan bisnis menginginkan platform yang terbuka dan fleksibel,” papar Vic Gundotra, Vice President Developer Platform Google.

Kerja sama dengan VMware untuk membawa portabilitas awan ke ranah enterpise akan memudahkan para pengembang menggelar aplikasi Java ke dalam lingkungan mereka,” tandasnya.

Melalui SpringSource Tool Suit yang berbasis Eclipse, para pengembang bisa membangun aplikasi Spring dengan cara yang familiar dan fleksibel, seperti privat di dalam VMware vSphere, publik dalam VMware vCloud dari penyedia cloud, atau langsung ke Google App Engine.

VMware dan Google menggabungkan kecepatan pengembangan dari Spring Roo, yakni peranti untuk mengembangkan aplikasi secara cepat, dengan kekuatan Google Web Toolkit (GWT) untuk membangun aplikasi browser yang kaya.

Aplikasi yang diperkuat GWT mampu meningkatkan kemampuan teknologi browser seperti AJAX dan HTML5 untuk memberikan pengalaman pengguna lebih menarik, baik di smartphone maupun komputer.

Kedua perusahaan juga berkolaborasi untuk mempererat integrasi teknologi pelacak kinerja VMware Spring Insight dalam aplikasi server SpringSource Server dengan teknologi Google Speed Tracer, sehingga lebih mudah melihat kinerja aplikasi cloud yang dibangun menggunakan Spring dan Google Web Toolkit. (hs) • VIVAnews

Iklan

2 comments

  1. wah,nambah sadis saja ni google,banyak yang di ajak menjalin pertemanan sekarang.hehe

    tukeran link yuk mas…
    link blog sampeyan sudah terpasang di blogroll saya.makasih,saya tunggu link backnya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s