THUMS, Manusia Virtual Bikinan Toyota

Akhir pekan lalu, Toyota Motor Corp mengumumkan hadirnya versi baru Total Human Model for Safety (THUMS), yaitu model manusia virtual yang membantu produsen mobil memahami lebih jauh dampak kecelakaan terhadap organ-organ dalam manusia.

THUMS hadir sejak awal dekade ini, dan yang terbaru adalah versi keempat. Dibandingkan versi-versi sebelumnya yang hanya terdiri dari tulang dan otak, model terbaru ini dilengkapi dengan organ dalam tubuh. Sehingga saat ini Toyota tidak hanya bisa menganalisa dampak kecelakaan terhadap kerusakan tulang dan otot.

Seperti dikutip dari laman Toyota, Jumat 4 Juni 2010, raksasa otomotif Jepang ini membuat sosok pria dewasa berukuran sedang yang dilengkapi dengan jantung, paru-paru, hati, hingga usus dalam ukuran yang akurat secara medis. Juga kaitan antar organ-organ itu. Saat kecelakaan, tubuh manusia mengalam benturan. Dengan THUMS generasi baru, tingkat kerusakaan bisa diprediksi.

Tingkat presisi yang tinggi membantu produsen mobil mendapat informasi detail dalam pemeriksaan organ dalam dan mendapat informasi 14 kali lebih banyak mengenai dampak kecelakaan dibandingkan dengan THUMS versi sebelumnya.

Tujuan dari pengembangan manusia dalam bentuk grafis komputer ini adalah menciptakan seatbelt dan airbags lebih baik. Seperti diketahui, seatbelt dan pelengkapnya airbags, telah terbukti memberikan perlindungan pada pengendara mobil saat kecelakaan. Namun seatbelt dan airbags masih memiliki kelemahan dan upaya untuk mencari disain terbaik masih terus berlanjut.

Toyota mengklaim, THUMS diciptakan dengan bantuan sejumlah lembaga riset dan perguruan tinggi. Alat bantu yang canggih ini tidak akan digenggam Toyota sebagai teknologi ekslusif, tapi akan ditawarkan pada produsen mobil lain yang berminat. Toyota mulai memasarkannya musim gugur mendatang.

Teknologi ini akan terus disempurnakan, termasuk menciptakan pasangan bagi pria virtual itu. Tidak lama lagi versi wanita akan dikembangkan. Juga pria lain yang bertubuh lebih besar.

Toyota mengembangkan THUMS sejak 1997, bekerja sama dengan Toyota Central R&D Labs., Inc. Versi pertama selesai dibuat dan dipasarkan pada 2000. Disusul Versi 2 yang dilengkapi wajah dan tulang lahir tahun 2004. Sedangkan Versi 3 hadir pada 2006 dengan tambahan model otak yang sangat presisi. (umi)• VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s