“Ada Kepentingan di Balik Iklan Antirokok”

Pengamat politik dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Joko Susanto mengatakan, kampanye antirokok harus diwaspadai, karena kampanye itu justru digalang oleh produsen nikotin.

Kemudian, ia menceritakan kepentingan perusahaan besar yang ingin memanfaatkan kampanye antirokok.

“Saya tidak suka rokok, tapi kampanye antirokok itu tidak semata-mata berkaitan dengan kesehatan. Ada kepentingan ekonomi global untuk mengubah pola konsumsi nikotin,” katanya dalam bedah buku “Nicotine War” karya Wanda Hamilton bersama budayawan Emha Ainun Nadjib (Cak Nun) dan advokat Gabriel Mahal, di sebuah toko buku di Surabaya, Jumat 18 Juni 2010.

Dalam bedah buku yang dipandu sastrawan Lan Fang itu, dia mengatakan kampanye antirokok patut diwaspadai, karena produsen nikotin menargetkan adanya perubahan pola konsumsi nikotin dari rokok kepada obat nikotin.

“Jadi, dari aspek kesehatan sebenarnya tidak ada perubahan, karena itu para ahli kesehatan dan agama juga patut mewaspadai kampanye antirokok itu. Kampanye itu akan tetap menjerumuskan perokok pada konsumsi nikotin juga,” katanya.

Oleh karena itu, katanya, kampanye antirokok yang tidak diwaspadai secara politis akan ‘membunuh’ petani tembakau dan justru akan memperkaya negara-negara maju yang akan terus memperbanyak produksi obat nikotin.

“Kampanye antirokok itu perlu konsensus, bukan hanya dibilang haram atau merusak kesehatan. Kampanye antirokok tanpa konsensus akan mudah ditunggangi kepentingan ekonomi global yang ‘mematikan’ petani kita sendiri,” katanya.

Dalam kesempatan itu, advokat Gabriel Mahal membantah dirinya pernah menjadi penasihat sebuah perusahaan rokok. Sebaliknya, dikatakan dirinya justru pernah menjadi konsultan bagi petani tembakau.

“Saya perokok dan saya tahu merokok itu ada risikonya. Risiko itu ada pada semua barang, bukan hanya rokok. Kkarena itu saya heran mengapa hanya rokok yang dipersoalkan. Saya yakin ada agenda global di balik kampanye antirokok itu,” katanya.

Senada dengan itu, budayawan Cak Nun menyatakan bangsa Indonesia harus jeli dengan polemik rokok, sebab bila polemik itu mengandung banyak kepentingan.

“Kita jangan gampang mengeluarkan fatwa haram, apalagi hanya dilakukan sekelompok orang seperti MUI yang bukan perokok. Ada empat hal yang tidak boleh dibisniskan yakni agama, pendidikan, kesehatan, dan budaya,” katanya. (sj)

Laporan: Tudji Martudji | Surabaya
• VIVAnews

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s