Apple iPhone 4 Hadir dengan 512MB

Pada ajang World Wide Developers Conference (WWDC), Apple mengumumkan kehadiran smartphone terbarunya, iPhone 4.

Bekerja sama dengan AT&T Wireless, ponsel baru itu akan mulai dijual pada 24 Juni 2010. Harganya cuma US$199 untuk model 16GB dan US$299 bagi yang berkapasitas storage 32GB. Syaratnya, pengguna harus berlangganan layanan operator itu minimal dua tahun.

Namun, ketika itu, vendor asal Cupertino-California itu enggan memaparkan spesifikasi smartphone anyarnya lebih detail. Kini, perlahan-lahan, jeroan di dalam iPhone 4 mulai terkuak, khususnya RAM. Dipastikan memori RAM iPhone 4 mencapai 512MB.

Artinya, kemampuan iPhone 4 dalam hal proses maupun kinerja diestimasi mencapai dua kali lipat lebih besar ketimbang iPhone 3GS bahkan Apple iPad, tablet PC yang diluncurkan Januari silam.

“Memori tambahan pada iPhone 4 ini diharapkan mampu menyuguhkan kinerja multitasking yang lebih kuat dan cepat,” ujar jurubicara piranti keras Apple yang dikutip Computer World, Jumat 18 Juni 2010.

Varian baru iPhone ini baru akan tersedia di pasar mulai 24 Juni. Dibandingkan dua model sebelumnya, iPhone orisinal yang dilepas pada 2007 dan iPhone 3G yang meluncur pada 2008 ditenagai memori sistem sebesar 128MB. Setahun berikutnya, Apple mengeluarkan iPhone 3GS dengan kapasitas memori lebih besar, yakni 256MB.

“Kemampuan ini benar-benar akan membuktikan kinerja sistem operasi iOS4 yang kuat dan stabil dalam mengerjakan berbagai hal dalam satu waktu atau multitasking,” ungkap Aaron Vronko, Chief Executive Officer (CEO) Portage, perusahaan sekaligus mitra supplier Apple untuk iPhone, iPod, dan iPad.

“Dengan memori 256MB, keinginan pelanggan untuk multitasking sangat terbatas dan terlalu buang-buang waktu. Kehadiran memori 512MB akan sangat membantu dan memungkinkan Anda untuk menjalankan sejumlah aplikasi tanpa mempengaruhi usia baterai,” jelas Vronko.

Seperti diketahui, Apple baru-baru ini memperkenalkan sistem operasi baru bernama iOS. Ia menawarkan sekitar 100 fitur yang di antaranya merupakan pembaruan dari sistem operasi terdahulunya.

Di sela peluncuran iPhone 4, pendiri Apple Steve Jobs, membeberkan beberapa fitur baru platform iOS. Antara lain kemampuan multitasking, iBook, periklanan, serta manajemen file, menghadiahkan aplikasi, dan dukungan terhadap keyboard nirkabel.

Selain itu, platform iOS akan mendukung kustomisasi pembuatan playlist iTunes, tap-to-focus video, fungsi zoom kamera hingga 5 kali, serta fitur Foto bernama ‘Faces and Places’.

Fitur ini akan memudahkan pengguna untuk melihat dan mensortir foto berdasarkan tempat di mana mereka mengambil foto dan siapa yang muncul di foto tersebut. (art) • VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s