Sensus di Papua Menemukan Warga 130 Tahun

Sebanyak 22 penduduk dengan usia 124 tahun hingga 130 tahun didapati di Provinsi Papua. Informasi ini didapat saat berlangsung sensus penduduk yang dilakukan Badan Pusat Statistik Provinsi Papua.

Mereka ditemukan di empat kabupaten, yakni Merauke (8 orang), Nabire (10 orang), Yapen (2 orang), dan Keerom (2 orang).

“Penduduk yang usianya 130 tahun ditemukan di Merauke. Sedangkan yang berusia 124 tahun ditemukan di Kabupaten Keerom,” kata Kepala Bidang Sosial BPS Papua, Suntono, Selasa 22 Juni 2010.

Saat ini, BPS Provinsi Papua sedang menelusuri lebih jauh untuk memastikan apakah usia mereka memang seperti yang dilaporkan petugas di lapangan.

Banyak diberitakan sebelumnya, petugas sensus mendapati sejumlah orang yang berusia sangat tua, di atas 100 tahun di berbagai wilayah Indonesia. Hanya saja, informasi tersebut baru didapat berdasarkan pengakuan yang bersangkutan yang biasanya dibuat berdasarkan ingatan belaka. Valid tidaknya informasi itu belum dapat dipastikan.

“Kami masih terus melakukan cross check apakah sudah ada generasi kelima dari penduduk yang katanya berusia ratusan tahun itu,’’ kata Suntono. Menurutnya, jika mereka terbukti sudah memiliki generasi kelima, maka boleh jadi mereka memang setua itu. (Laporan: Banjir Ambarita, Papua | kd)

• VIVAnews

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s