Toyota Resmi Tarik 270 Ribu Kendaraan

Raksasa otomotif Jepang, Toyota Motor Corp, akhirnya menarik 270 ribu kendaraannya di banyak negara karena masalah pada mesin, Jumat, 2 Juli 2010. Kendaraan yang ditarik itu termasuk sedan mewah Lexus.

Juru bicara Toyota,  Paul Nolasco, mengatakan tujuh model Lexus, dan juga model populer Crown akan ditarik. Dari 270 ribu kendaraan, sekitar 180 ribu dijual di mancanegara dan 90 ribu dijual di Jepang.

Toyota akan mengirim pemberitahuan ke Kementerian Transportasi Jepang mengenai penarikan 90 ribu kendaraan Toyota di Negeri Matahari Terbit itu pada Senin pekan depan. Namun Nolasco tidak memberikan penjelasan lebih lanjut.

Kabar mengenai penarikan kendaraan Toyota sudah berhembus sejak kemarin. Masalah mutu produk sudah dihadapi perusahaan otomotif terkemuka dunia ini sejak penarikan 8,5 juta kendaraan Toyota di berbagai negara karena masalah pada rem.

Toyota harus membayar denda sebesar US$16,4 juta di Amerika Serikat karena lamban menanggapi keluhan pelanggan dengan tidak segera menarik kendaraan-kendaraan bermasalah.

Toyota sudah mereparasi jutaan kendaraan, tetapi masih harus menghadapi lebih dari dua ratus gugatan hukum terkait persoalan mutu produk. Saham Toyota juga merosot dan nilai penjualan kendaraan menurun. (Associated Press)

• VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s