DPR: Tarik Semua Tabung Gas 3 Kg

Mantan Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal (Meneg PDT) Lukman Edy mengimbau pemerintah segera menarik distribusi tabung gas 3 kilogram, sebelum korban kembali berjatuhan.

“Saya mengamati persoalan tabung gas 3 kilogram ini. Banyak yang menjadi korban, dan memang perlu ditarik seluruhnya dari peredaran masyarakat,” kata anggota Komisi VI DPR Lukman Edy, Jakarta, Senin 5 Juli 2010.

Menurutnya, lembaga yang berwenang harus melakukan cek ulang baik dari sisi kualitas dan tingkat keamanannya. Bahkan, dirinya memberikan penegasan kepada lembaga terkait untuk menyelesaikan tugasnya.

“Sudah banyak korban yang ditimbulkan. Paling lambat satu minggu ke depan sudah harus selesai penarikannya,” tegasnya.

Seharusnya, pemerintah bertindak cepat dan mengambil contoh kasus produk mobil yang salah satu komponennya bermasalah, dan dikhawatirkan membahayakan, segera ditarik.

“Seharusnya bisa seperti itu (produk mobil). Apalagi ini, tabung gas yang jelas-jelas sudah banyak makan korban,” kata Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa ini.

Menurutnya, dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi VI dengan Lembaga Standarnisasi Nasional Indonesia (SNI) beberapa waktu lalu menyatakan, tabung gas 3 kilogram yang beredar di masyarakat sudah tidak layak pakai, karena 80 persen tidak memenuhi SNI.

“SNI telah menyampaikan bahwa tabung gas 3 kg itu tidak memenuhi standar. Banyak kerusakan yang mengakibatkan banyaknya ledakan,” tutur Lukman Edy. • VIVAnews

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s