Badai ‘Setan’ Terekam di Mars

Setelah hampir enam tahun, wahana Opportunity milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menjelajahi planet Mars. Pertamakalinya, wahana ini merekam badai debu ‘setan’ sejak enam tahun lalu.

Seperti dilansir Space.com, edisi 29 Juli 2010, gambar yang ditampilkan Opportunity tidak seperti rekaman gambar yang ditampilkan robot kembar Spirit.

Opportunity memperlihatkan formasi angin seperti tornado dengan jelas. Gambar badai debu ‘setan’ itu berulang kali terekam.

Gambar badai itu diambil pada 15 Juli dengan menggunakan kamera panorama bertiang yang juga biasa digunakan di pegunungan. Opportunity berhasil mengambil gambar badai berikut dengan kolom ketinggian anginnya yang berpilin.

“Ini adalah gambar pertamah badan setan yang dikirim Opportunity,” kata Mark Lemmon dari Universitas A&M Texas, yang juga anggota tim penjelajah.

Opportunity mengambil gambar ketika melihat badai itu di sekitar tenggara Planet Merah. Jaraknya sekitar 70 meter dari pusat pengambilan gambar.

Saat terjadi badai debu itu, Wahana Opportunity dan robot kembar Spirit sedang terkepung badai. Tetapi, gambar yang berhasil diambil Opportunity dinilai lebih baik.

Wahana ruang angkasa yang berada di Mars itu memiliki kemampuan fotografi. Maka itu, kejadian yang terekam ini merupakan momen langka. Posisi badai itu terletak di Meridiani.

Badai ini angin yang berputar-putar ini mungkin sudah lumrah dan biasa bagi dua wahana NASA itu. Tetapi, dengan terekamnya kejadian itu dengan baik dapat memberikan manfaat bagi peneliti.

Opportunity dan Spirit mendarat di Mars pada 2004. Misi awalnya hanya berlangsung selama tiga bulan pertama. (adi)• VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s