BI Tak Suka Rupiah Menguat

Bank Indonesia (BI) ternyata tidak terlalu suka dengan penguatan nilai tukar rupiah yang terlalu signifikan. Untuk itu, nilai tukar akan terus dijaga stabil pada kisaran tertentu yang dianggap menguntungkan semua pihak.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Halim Alamsyah, mengatakan rupiah selalu dijaga karena penting dalam kaitannya dengan daya saing. Lalu, apakah berarti selalu ada intervensi di pasar saat rupiah menguat? Halim tidak menjawab.

“Tidak begitu. BI, tidak suka melihat rupiah terlalu menguat, karena untuk menjaga daya saing. Karena dengan penguatan sekarang, itu akan mempengaruhi yang lain seperti harga produk asal Indonesia,” ujar dia di Jakarta, Kamis 5 Agustus 2010.

Dia menjelaskan, rupiah terpengaruh menguat atau melemah tergantung pada permintaannya. “Kalau permintaan dolar AS naik, rupiah melemah. Kebetulan kita masuk fase di mana ekspor baik, lalu yang ingin masuk ke Indonesia di pasar keuangan tinggi. Ini yang mengakibatkan rupiah menguat,” kata dia.

Pergerakan ini selalu dipantau oleh Bank Indonesia agar tidak merugikan eksportir atau imported inflation yang berlebihan. “Jadi pergerakan ini jangan sampai merugikan kita,” tuturnya.

Bank Indonesia selalu berhati-hati saat berada di pasar dalam menjaga nilai tukar. Menurut Halim, karena mata uang rupiah menganut sistem mengambang bebas, maka nilai tukar selalu dinamis.

“Kami memang ada hitungan, tapi sekarang overvalue atau undervalue, ini terus berubah dalam hitungan minggunya. Jadi tidak bisa menyampaikan berapa angka tepatnya,” kata dia.

Berdasarkan data transaksi di Bloomberg pukul 16.00 WIB, nilai tukar rupiah bercokol di posisi 8.942 per dolar AS dari transaksi siang yang berada di level 8.947 per dolar AS.

Sedangkan berdasarkan data kurs tengah BI, rupiah sore ini berakhir di posisi 8.956 per dolar AS. Pada perdagangan Rabu 4 Agustus 2010, mata uang lokal tersebut berakhir di level 8.945 per dolar AS.

• VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s