Indonesia Digdaya di Twitter dan Facebook

Indonesia adalah jawara sosial media di dunia. Menurut data terbaru dilaporkan ComScore, lembaga riset dan pemasaran di internet, Indonesia menempati peringkat pertama soal penetrasi di Twitter. Dari populasi pengguna internet di Indonesia, sebanyak 20,8 persennya adalah pengguna Twitter.

Soal penetrasi, Indonesia bahkan mengalahkan Amerika Serikat dan Jepang sebagai negara yang semula ramai ‘berkicau’ di situs mikroblogging terpopuler tersebut.

Dengan penetrasi terbesar di dunia, tak heran jika sejumlah topik ‘produksi dalam negeri’ kerap menempati posisi teratas dalam trending topic di Twitter. Sebut saja misalnya Peterporn yang menghebohkan dunia Keong Racun yang membuat Sinta-Jojo mendadak melesat menjadi artis dadakan.

Di bawah Indonesia, ada Venezuela sebagai negara yang paling banyak menyumbangkan pengguna internetnya ke Twitter.

Setelah Hugo Chaves, Presiden Venezuela ikut berkicau langsung di Twitter, pengguna asal Venezuela melonjak sebanyak 4,8 persen dalam beberapa bulan saja. Secara total, ada 19 persen tweeps berasal dari negeri tersebut.

Sebagai negara dari mana Twitter berasal, ternyata Amerika Serikat hanya berada di peringkat 11 sebagai negara dengan tingkat penetrasi di Twitter hanya 11,9 persen. Padahal, pada Juni 2010, situs ini mengalami pertumbuhan 109 persen dibanding tahun sebelumnya menjadi 93 juta pengguna.

“Twitter.com mengalami ledakan trafik global sepanjang tahun lalu, ini semakin membuktikan jati diri Twitter sebagai situs jejaring sosial yang banyak dikunjungi di lima benua,” kata Graham Mudd, Wakil Presiden ComsCore, pada keterangannya, 13 Agustus 2010.

Analisa dari lima wilayah menunjukkan Amerika Latin mengalami pertumbuhan tercepat, melonjak 305 persen menjadi 15,4 juta pengguna. Asia Pasifik berada di peringkat kedua dengan pertumbuhan tercepat, yang naik 243 persen menjadi 25,1 juta pengunjung.

Amerika Utara, di mana populasi orang berkicau di internet sudah matang justru mengalami pertumbuhan cuma 22 persen menjadi 25 juta pengunjung.

Menurut data statistik yang dirilis Internet World Stats, tahun ini pengguna internet di Indonesia mencapai sekitar 30 juta user. Jika 20,8 persen pengguna internet di Tanah Air mendaftar di Twitter, setidaknya lebih dari 6 juta pengguna internet di Indonesia menggandrungi situs microblogging itu.

***

Bukan hanya di Twitter, Indonesia berjaya. Tapi juga di Facebook.

Tak jauh berbeda dengan di Twitter, Facebooker asal Indonesia juga semakin lama semakin menjadi dominan di situs jejaring sosial yang saat ini sedang menjadi yang terfavorit untuk dikunjungi.

Sebagai informasi, menurut data Alexa, Facebook merupakan situs kedua yang paling banyak dikunjungi pengguna internet dari seluruh penjuru dunia, setelah Google.

Di situs buatan Mark Zuckerberg tersebut, pengguna asal Indonesia juga cukup dominan.

Seperti dikutip dari data Check Facebook, per 12 Agustus 2010 pengguna Facebook asal Indonesia mencapai 26.277.000 user. Hampir menyamai jumlah pengguna Facebook asal Inggris yang berada di posisi kedua, yang mencapai 27.020.020 pengguna.

Padahal, dari sisi penetrasi, di Indonesia internet hanya mencakup sekitar 12,3 persen dari seluruh penduduk. Bandingkan dengan Inggris yang 82,5 persen warganya sudah menyentuh internet.

Sebagai gambaran, sekitar satu tahun sebelumnya, Indonesia hanya berada di posisi ke-7 sebagai negara yang warganya paling banyak mendaftar di Facebook.

Meski masih tertinggal dengan oleh pengguna asal Amerika Serikat yang berada di posisi pertama dengan 131.567.700 pengguna, tingkat pertumbuhan pengguna Facebook asal Indonesia pada bulan Juni mencapai sekitar 1,190 juta pengguna baru tiap bulannya.(np)

• VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s