Pansel KPK Akan Klarifikasi Temuan ICW

Panitia seleksi Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mengklarifikasi hasil investigasi Indonesia Corruption Watch (ICW) dan Masyarakat Peduli Peradilan Indonesia (Mappi) ke calon ketua KPK. Klarifikasi akan dilakukan pansel pada 19 Agustus, saat wawancara terhadap bakal calon.

“Yang kita anggap cukup, ya tidak perlu klarifikasi,” ujar anggota pansel, Todung Mulya Lubis di Sekretariat Pansel KPK, Gedung Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, Senin 16 Agustus 2010.

Menurut Todung, hasil tracking yang dilakukan ICW sudah komperhensif dan lengkap. Namun, tidak menutup kemungkinan, pansel akan meminta tambahan data dari ICW maupun MAPPI. “ICW janji akan memberikan masukan-masukan tambahan nanti,” imbuhnya.

Dari hasil investigasi terhadap tujuh bakal calon, Todung menyatakan,  akan jadikan bahan pertimbangan bagi pansel dalam menentukan lolos tidaknya calon. “Kita akan mencatat semua hasil tracking ini dan akan membahas secara internal dalam rapat pansel,” katanya.

Tujuh calon yang lolos ke tahap wawancara itu adalah mantan Direktur Tata Usaha Negara Kejaksaan Agung Sutan Bagindo Fahmi, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie, Irjen Pol. (purn) Chaerul Rasjid, advokat Melli Darsa, Ketua Komisi Yudisial Busyro Muqoddas, Ketua Kaukus Antikorupsi DPD RI I Wayan Sudirta, dan advokat Bambang Widjojanto.

Sejumlah lembaga seperti ICW mengungkap cacat para calon. Para LSM itu juga berharap calon yang terpilih bukan berasal dari unsur kepolisian atau jaksa. Mereka menilai, kasus-kasus mafia hukum yang terungkap saat ini justru berasal dari dua institusi tersebut.

• VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s