Transaksi Tokopedia Capai Rp6 Miliar

Startup e-commerce Tokopedia baru saja menginjakkan usianya yang pertama, bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2010 lalu. Namun, total akumulasi transaksi yang diraih startup itu sudah mencapai Rp6 miliar.

“Kepercayaan pasar terhadap Tokopedia bertambah setiap bulannya. Agustus tahun lalu kami hanya bisa membukukan transaksi senilai Rp 33 juta, akhir bulan lalu kami telah mencatatkan transaksi senilai Rp 1,3 miliar,” kata William Tanuwijaya, Co-founder Tokopedia, melalui rilis yang dikirimkan kepada VIVAnews, Kamis 19 Agustus 2010.

Jadi, kata William, hanya dalam tempo 11 bulan, transaksi bulanan yang terjadi di Tokopedia meningkat hingga lebih dari 4.000 kali lipat. Tokopedia sendiri didirikan oleh Leontinus Alpha Edison dan William Tanuwijaya pada Februari 2009 dan meluncur untuk pertama kalinya pada 17 Agustus 2009.

Situs e-commerce ini menyediakan mekanisme escrow account (rekening gabungan) yang bisa digunakan untuk menampung uang pembeli, sementara barang belum dikirimkan oleh penjual.

Uang baru bisa ditarik pihak penjual setelah pihak pembeli menerima barang pesanannya. Dengan demikian diharapkan proses jual beli online bisa berlangsung aman. Kini ada lebih dari 4.600 pengguna yang memiliki toko virtual di Tokopedia.

Setidaknya Tokopedia kini menghimpun setengah juta pengunjung dan lebih dari 3 juta pageviews per bulan. Bersamaan dengan ulang tahun pertamanya, Tokopedia juga melepas status betanya, menyediakan mobile site, dan meningkatkan limit harga produk dari Rp 9.999.999 menjadi Rp 25 juta, serta limit total belanja dari Rp 15 juta menjadi Rp 40 juta. (umi)

• VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s