Rp 148 Juta Terkumpul untuk Franky Sahilatua

Tumpukan adonan berlapis cokelat itu menemani dia selain saluran infus. Berbaring lemah di ranjang putih berbalut sprei biru dingin itu yang menjadi teman setianya beberapa waktu terakhir ini. Happy Anniversary Franky.

Adalah Franky Sahilatua, pelantun Kemesraan yang kini berbaring lemah di rumah sakit di Singapura. Ia tak menyangka jika harus menginap diranjang dingin itu lebih dari satu minggu.

“Keluarga tak mengira, tadinya hanya untuk mengecek penyakit ginjal, sekarang malah Kanker Sumsum Tulang Belakang,” kata Adik Franky, Jane dalam acara penggalangan dana untuk Franky di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, Senin 23 Agustus 2010.

Penyakit itu, kata dia, memakan biaya yang tidak sedikit. Untuk Kemoterapi saja, Franky harus mengeluarkan dana Sing$30-50 ribu untuk satu kali terapi.

Guna membantu hal ini, beberapa politisi dari kalangan artis melakukan pengumpulan dana. Dana yang terkumpul sampai berita ini ditulis sebesar Rp 148 juta dan US$ 130.

Tak hanya uang, Maya Rumantir misalnya menyumbangkan dua buah lukisan koleksi pribadi untuk dilelang. Salah satu lukisan dibuka dengan harga Rp 10 juta.

Acara ini diramaikan oleh beberapa artis dan aktivis antara lain Rieke Diah Pitaloka, Eko Patrio, dan Tere. Franky dikenal sebagai pelantun lagu Kemesraan.

Muak dengan pembajakan di industri musik. Ia kemudian banting setir pada jalur seni politik. Hal ini dilakukan tahun 1997-1998. Pancasila merupakan salah satu lagu dia mengiringi transformasi musiknya.

Komitmen dia ditunjukkan dengan gerakan melawan politisi busuk, penolakan Undang-Undang Anti Pornografi, gerakan melawan korupsi. (hs)
• VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s