Kecelakaan Fatal Madonna Jadi Subyek Penipuan

Symantec, perusahaan spesialis pengamanan industri IT mendeteksi munculnya gelombang baru penyebaran email dengan subyek mengejutkan. Tujuannya untuk membuat pengguna komputer tertarik untuk membukanya.

Beberapa contoh subyek email yang banyak beredar di antaranya adalah Beyonce Knowles Fatal Car Crash, Brad Pitt Fatal Car Crash, Johnny Depp died, Madonna Fatal Car Crash, Oprah Winfrey Fatal Car Crash, dan Tiger Woods died.

“Beberapa dari pesan email menyedihkan juga menambahkan bahwa artis tersebut meninggal bersama dengan 34 orang lainnya,” sebut juru bicara Symantec, pada keterangannya, 28 Agustus 2010. “Kejadiannya saat pesawat yang membawa artis tersebut menabrak sebuah gunung saat mendekati airport,” sebutnya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kematian selebriti ini, sebut Symantec, penerima email diminta untuk membuka sebuah lampiran (attachment).

“Penjahat cyber mengirimkan berita palsu untuk menyebar virus dengan menggunakan HTML atau lampiran (attachment) yang membawa software jahat (malware),” kata Symantec. “Harapannya, mereka dapat mengakses komputer pengguna dan mencuri informasi pribadinya,” sebut Symantec.

Salah satu ancaman yang dilampirkan ke dalam email tersebut, yakni Trojan.Zbot telah dibuat secara khusus untuk mencuri informasi rahasia dari komputer yang diinfeksi.

“Ia akan secara spesifik menargetkan sistem informasi, kredensial online, dan rincian informasi perbankan,” kata Symantec. “Meski demikian, trojan tersebut dapat juga dikostumisasi oleh penjahat untuk mengumpulkan informasi apapun dalam komputer yang diinfeksi,” sebutnya.

Dari catatan Symantec, file jenis ‘.zip spam attachement’ ini meningkat lebih dari dua kali lipat beberapa minggu terakhir. (sj)• VIVAnews

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s