Sebulan ‘Terkubur’, Mereka Dapat Hadiah Rokok

Masih ingat dengan 33 penambang yang terperangkap di kedalaman 688 meter di San Jose, Chile? Dalam derita yang tak kunjung usai, mereka segera mendapat ‘hadiah’ yang mungkin sangat mereka idamkan.

Para pria yang sudah terperangkap sejak 5 Agustus lalu itu akan mendapat kiriman dua bungkus rokok per hari. Dengan rokok yang dikirim dari permukaan tanah itu, mereka diharapkan terhibur.

Benda ini sudah lama dinantikan para penambang untuk membunuh waktu sambil menunggu upaya penyelamatan yang membutuhkan waktu sekitar empat bulan. Rokok adalah benda  pertama diinginkan para penambang itu.

Permintaan rokok itu diketahui sesudah petugas memasang kompresor baru untuk meningkatkan udara dan ventilasi. Selain rokok, petugas juga akan memasang listrik bagi mereka.

Sementara ini, otoritas Chile tengah merancang cara untuk membebaskan 33 penambang ini  dalam tiga skenario yaitu skenario A, B, dan C.

Rencana terbaru, C, dengan menggunakan bor yang digunakan untuk mengebor minyak. Saking besarnya bor ini, butuh 40 truk untuk membawanya ke lokasi tambang emas dan tembaga itu. Bor ini diharapkan dapat menembus bebatuan lebih cepat dibandingkan dua bor yang sudah bekerja.

Dengan kemampuannya, bor akan bisa membuka jalan menuju para penambang dalam 45 hari. Namun, opsi ini bukan tanpa kelemahan. Dikhawatirkan bebatuan di dalam terowongan akan rubuh karena kuatnya bor dan mengenai para penambang nahas itu.• VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s