Pangsa Pasar Makin Susut, Nokia Ganti Big Bos

Produsen telekomunikasi raksasa Nokia mengganti bos. Chief executive Olli-Pekka Kallasvuo diganti oleh Stephen Elop yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Divisi Bisnis Microsoft.

Dilansir dari The Telegraph, Elop mulai bekerja dengan jabatan barunya 21 September mendatang. Kallasvuo sendiri akan mundur dari posisi di jajaran direksi namun tetap memberikan kontribusi dengan kapasitas non-eksekutif Nokia Siemens Networks.

“Waktunya sangat tepat bagi perusahaan untuk akselerasi. Membawa kepemimpinan eksekutif baru dengan keahlian dan kekuatan yang berbeda agar meningkatkan kesuksesan perusahaan,” kata salah satu pimpinan Nokia, Jorma Ollila.

Spekulasi mengenai pergeseran Kallasvuo mulai muncul tahun ini seiring pergumulan berat perusahaan ini dalam menghadapi pasar smartphone.

Sejak Apple mengenalkan iPhone ke pasaran, tiga tahun lalu, industri telepon seluler mulai berubah ke aplikasi yang lebih kompleks. Ini berdampak pada saham Nokia yang kian merosot.

Nokia sebenarnya sudah mulai mengikuti ritme pasar dengan menciptakan smartphone dan harus memangkas harga jual. Nokia pun harus merelakan keuntungan demi mempertahankan pangsa pasar yang menyusut.

Elop sendiri menyatakan,” Saya sangat semangat karena bisa bergabung untuk memperkuat Nokia.”

Kallasvuo telah bergabung dengan Nokai selama lebih dari 30 tahun dan menjadi chief excutive tahun 2006 menggantikan Jorma Ollila.• VIVAnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s